Ratusan Pelajar Muslim di Putussibau Ikuti Khatamul Alquran

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Ratusan siswa Madrasah di Kota Putussibau ikut kegiatan khatamul Alquran di Masjid Darunnajah Putussibau. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag Kapuas Hulu ke 71.

Ketua Panitia HAB Kemenag 71, Ali Fahrudin mengatakan, sebenarnya target kegiatan tersebut adalah 2.500 pelajar, tapi karena masih masa libur, peserta yang mengikutinya hanya sekitar 500 pelajar.

“Banyak sekolah yang kami undang untuk mengikuti khatam Alquran ini, namun hanya dua sekolah yang bisa mengikutinya yakni MTsN 1 Putussibau dan MAN Putussibau,” ujarnya.

Kepala Kemenag Kapuas Hulu, Khusayri mengungkapkan, kegiatan khatamul Alquran ini merupakan lanjutan dari peringatan HAB Kemenag ke 71.

“Harapan kami dari kegiatan khatamul Alquran ini bisa membawa rasa kedamaian di Kapuas Hulu, kalau sudah damai tercipta tentunya semua program pemerintah dapat berjalan sebagaimana mestinya,” harapnya.

Khusayri mengungkapkan bahwa dalam peringatan HAB Kemenag ini, baru pertama kali pihaknya menggelar kegiatan khatamul Alquran dengan melibatkan pelajar. Untuk itu kedepan pihaknya akan melakukan hal serupa kedepannya dalam peringatan HAB Kemenag nanti.

”Kegiatan ini juga tiada lain untuk memotivasi anak untuk membaca Alquran,” ucapnya.

Khusayri mengharapkan kepada siswa yang melakukan khatam Alquran untuk terus membacanya, dan memahami serta mengamalkan isi dalam kandungan Alquran.

”Anak-anak bersyukur bisa melakukan khatam Alquran semoga akan lebih baik dalam menjalani kehidupan, juga dapat menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, masyarakat, bangsa dan negara,” harapnya.

Lanjut Khusayri, anak-anak yang telah khatam Alquran ini dapat bersukur, mungkin ada orang-orang tua yang sudah berusia 40 tahun ada yang belum khatamul Alquran.

Ia juga mengajak para orang tua untuk membina putra dan putrinya agar dapat menjadi generasi qurani dan semakin mencintai Alquran.

“Dengan kegiatan khatamul Alquran ini diharapkan anak-anak kita semangat lagi dalam mebaca Alquran,” tuntasnya.

(Yohanes/Faisal)

Related Posts