Sydney Hadapi Hari Terpanas Sejak 1939, Capai 47,3C

Australia, thetanjungpuratimes.com – Kota Sydney di Australia telah mengalami cuaca terpanas dalam 79 tahun, dengan suhu di wilayah tersebut mencapai setinggi 47,3C (117F).

Di Penrith, sebelah barat Sydney, warga merasakan kepanasan luar biasa pada hari Minggu (8/1/2018).

Peringatan kebakaran pun dikeluarkan untuk wilayah Sydney yang lebih luas dan larangan pembakaran total diberlakukan di seluruh kota.

Suhu hari Minggu panas sangat terik seperti yang terjadi tahun 1939, yang saat itu mencapai 47,8C. Suhu yang terik yang sampai di Penrith dikonfirmasi oleh Biro Meteorologi.

Dikutip BBC dari ABC melaporkan bahwa satu badan amal, Mission Australia, membantu memindahkan tunawisma ke rumah sakit untuk perawatan sambil membawa orang lain ke tempat penampungan untuk menghindari panas.

Kantor berit asetempat mengabarkan bahwa sekitar 7.000 properti di New South Wales dibiarkan tanpa listrik, sebagian karena panasnya.

Larangan membakar di daerah Sydney sebagai antisipasi untuk mengurangi risiko kebakaran hutan, yang umum terjadi pada musim panas di Australia yang kering.

Para ahli telah memperingatkan bahwa suhu darat dan laut telah terpengaruh oleh perubahan iklim, yang menyebabkan kondisi cuaca lebih ekstrem.

(BBC/ABC/suara.com/muh)

Related Posts