Coutinho Merapat, Valverde Optimistis Timnya Makin Kuat

Thetanjungpuratimes.com – Kemampuan serba bisa Philippe Coutinho membuat dirinya menjadi akuisisi hebat untuk Barcelona, kata pelatih Ernesto Valverde pada Minggu (7/1) ketika pemain Brazil itu melakukan penampilan perdananya di depan publik di Nou Camp menyusul kepindahannya dengan nilai transfer 142 juta pound dari Liverpool.

“Menurut saya ia akan memberi banyak hal kepada kami — ia memiliki catatan mencetak gol, ia memberikan assist-assist, ia akan mampu banyak membantu kami saat menyerang dan dapat bermain di tengah ataupun di sayap,” kata Valverde.

Sang pelatih belum memutuskan di mana posisi yang sesuai untuk sang rekrutan baru di timnya, yang tidak terkalahkan di Liga Spanyol dan Liga Champions.

“Ia serba bisa dan kami dapat memaksimalkannya. Kita lihat saja bagaimana ia berlatih untuk pertama kalinya dan kemudian kami akan menentukan,” tutur Valverde.

“Saya telah melihat ia bermain di banyak posisi untuk Liverpool dan untuk negaranya, meski demikian saya tidak membayangkan kami akan meletakkan dia di depan gawang,” sambungnya.
Philippe Coutinho rayakan keberhasilannya mencetak gol bersama fans Liverpool [AFP]
Barca menang 3-0 atas Levante pada Minggu berkat gol-gol dari Lionel Messi, Luis Suarez, dan Paulinho, untuk membuat mereka tetap unggul sembilan poin di puncak klasemen Liga Spanyol dan setelah pertandingan Coutinho mengenakan pakaian “tracksuit” klub untuk difoto di Nou Camp.

Coutinho, yang akan meneken kontrak lima tahunnya dengan Barca dan diperkenalkan secara resmi ke media pada Senin (8/1/2018), merupakan pemain termahal peringkat ketiga di dunia setelah Neymar Jr. dan Kylian Mbappe, keduanya bermain untuk Paris St Germain (PSG), dan mengungguli rekan setimnya yang baru di Barca Ousmane Dembele, yang bernilai 105 juta euro saat didatangkan klub Katalan itu.
Rekrutan anyar Barcelona asal Brasil, Philippe Coutinho. [AFP/Josep Lago]
Gelandang Barcelona Ivan Rakitic mengatakan kepada para pewarta bahwa ia tidak sabar untuk melihat Coutinho bermain di klub.

“Opini saya mengenai harga dia bukan masalah, itu sedikit terlalu banyak, pasar mendikte berapa banyak Anda harus membayar, namun kami merupakan klub terbesar di dunia, kami menginginkan pemain lain, dan ia merupakan salah satu yang terbaik,” tuturnya.

“Hal yang penting adalah bahwa semua pemain merasa disambut maka kami dapat berjuang untuk tujuan kami bersama-sama. Kami akan menyambut dia lebih sebagai anggota keluarga. Kami semua tahu mengenai dia dan kami akan benar-benar menikmati sepak bolanya,” tambahnya.

Coutinho juga disambut mantan rekan setimnya di Liverpool Luis Suarez, yang sempat bermain bersama dia selama dua tahun di Anfield, dan keduanya nyaris membawa “Si Merah” menjuarai Liga Inggris pada 2014.

“Saya sangat bahagia sebagai rekan setim dan temannya, menurut saya ia akan banyak berkontribusi kepada tim,” kata Suarez.

“Semua orang tahu bagaimana kualitas dia, ia telah menghabiskan bertahun-tahun di level elit. Kami akan membantu membuat ia merasa nyaman dan memastikan ia beradaptasi dengan baik.” Debut Coutinho untuk Barca dapat tertunda karena cedera paha, yang memaksanya absen pada dua pertandingan terakhir Liverpool melawan Burnley dan Everton, dan ia tidak dapat bermain di Liga Champions musim ini karena sudah pernah bermain untuk Liverpool di kompetisi yang sama.

(Ant/Suara.com/Faisal)

Related Posts