Perlu Sinkronisasi antar Instansi untuk Atasi Banjir

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Kota Pontianak melalui BPBD Kota Pontianak bersama instansi terkait telah membahas langkah-langkah untuk mengatasi banjir di kawasan Sungai Malaya, Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara.

Kepala BPBD Kota Pontianak, Aswin Taufik, menuturkan, langkah-langkah tersebut akan dilakukan secara bertahap agar resiko banjir bisa diminimalisir. Selain itu, BPBD Kota Pontianak juga sudah sering memberikan sosialisasi untuk membersihkan gulma-gulma bahkan turun langsung untuk membersihkannya, namun banjir yang terjadi dipengaruhi oleh faktor lain yaitu tingginya curah hujan.

“Kita sudah sering sosialisasi, cuma perlu sinkronisasi lagi antar instansi terkait, karena ini wilayah sungai. BPBD sudah berkali-kali membersihkan gulma di daerah sana, bersama dengan masyarakat, termasuk masyarakat sendiri, cuma ini kan perlu dikasi apakah faktor gulma, bisa juga faktor lain karena ini kawasan rendah sehingga perlu sinkronisasi beberapa pihak seperti balai wilayah sungai provinsi PUPR,” tuturnya, Jumat (19/1).

Dirinya mengatakan, dalam hal banjir, BPBD sudah melakukan gerak cepat, begitu pula dengan Bappeda dan Dinas PU seperti melakukan pengungsian, memberi bantuan logistik kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Tapi yang kita butuhkan adalah langkah jangka pendek dan panjang sehingga bisa diminimalisir terjadinya banjir di kawasan Sungai Malaya tersebut,” pungkasnya.

(Sukardi/Muh)

Related Posts