Pasca Putusan MK, KPU Kalbar Gelar Rakor Persiapan Vertual Parpol

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pelaksanaan Verifikasi Faktual Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019.

Kegiatan ini mengundang ketua atau anggota yang membidangi divisi Hukum terkait verifikasi Parpol dan Kasubbag Hukum di 14 KPU Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat.

Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat, Umi Rifdiyawaty, mengatakan KPU Provinsi melakukan verifikasi setelah menerima dokumen hasil verifikasi parpol dari Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) untuk membuktikan keabsahan dan kebenaran persyaratan parpol peserta pemilu 2019 yang meliputi kesesuaian nama ketua, sekretaris, dan bendahara.

“Keterperhatikan 30 % keterwakilan perempuan pada susunan kepengurusan parpol tingkat provinsi yang sesuai dengan keputusan parpol tingkat pusat, dan domisili kantor tetap dengan mendatangi Kantor Tetap parpol tingkat Provinsi,” katanya, Senin (29/1).

Dirinya menjelaskan, bahwa pelaksanaan verifikasi faktual ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2018 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

“Untuk di KPU kabupaten/kota, verifikasi dilakukan sama seperti KPU Provinsi. Namun di tingkat kabupaten/kota ada melakukan verifikasi keanggota parpol yaitu paling sedikit seribu orang atau satu perseribu dari jumlah penduduk pada setiap kepengurusan partai politik tingkat kabupaten/kota,” pungkasnya.

(R/Sukardi/Faisal)

Related Posts