Universitas Tanjungpura Miliki Halal Center

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Universitas Tanjungpura (Untan) menghadirkan satu wadah Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat bernama ‘Untan Halal Center’.

Rektor Untan, Prof Dr H Thamrin Usman DEA, mengatakan, dengan terbitnya Undang-Undang RI Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, kemudian diikuti dengan kehadiran Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), di bawah Kementerian Agama Republik Indonesia.

Sebagai kepanjangan tangan dari BPJPH, maka dibentuklah lembaga pemeriksa halal di daerah dan di bawah BPJPH. Kemudian, sejak hadirnya Lembaga Pemeriksa Halal ini, LPPOM MUI berperan seperti badan pemeriksa halal, sehingga diperlukan satu penyesuaian penamaan dan legalitas serta otoritas.

“Untan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal diamanatkan untuk menghadirkan lembaga pemeriksa halal. Lembaga pemeriksa halal ini harus dilengkapi dengan auditor, dilatih dan dilegalkan oleh badan penyelenggara ini. Kita sudah mengirim tiga orang, yakni Dr Winda Rahmalia, Riadi Budiman MT, Robiyanto M Pharmsc,” ujarnya, Jumat (2/2).

Rektor menjelaskan, lembaga penjaminan produk halal, selain memiliki auditor juga harus punya laboratorium yang sudah dinyatakan layak, dan berhak untuk menganalisa produk halal tersebut.

“Tentu kami sangat mengapresiasi keinginan baik pemerintah melalui Badan Penyelenggara Jaminan produk halal ini, tetapi kami harus mempertimbangkan tanggungjawab besar ini, tidak serta merta kami aminkan, oleh sebab itu, kami akan mempersiapkan diri, melalui kehadiran Halal Center Untan atau pusat studi halal ini,” pungkasnya.

(Sukardi/Faisal)

Foto: Universitas Tanjungpura

Related Posts