Coutinho Cetak Gol Lumat Valencia, Barcelona ke Final

Thetanjungpuratimes.com – Barcelona melaju ke final Copa del Rey setelah melumat Valencia 2-0 sehingga menang agregat 3-0. Pada pertandingan tersebut Philippe Coutinho yang masuk sebagai pemain pengganti berhasil mencetak gol pertamanya bagi Barcelona.

Pada leg kedua semifinal di Mestalla, Jumat (9/2/2018) dini hari WIB, Barca menang berkat gol Coutinho dan Ivan Rakitic di babak kedua. Barca sudah ditunggu oleh Sevilla dalam partai puncak Copa del Rey pada 21 April 2018.

Sevilla lebih dulu ke final setelah mengalahkan Leganes dengan agregat 3-1. Bagi Barcelona ini adalah kelima tahunnya berturut tampil di final Copa del Rey.

Jalannya Pertandingan

Valencia langsung mencoba menekan Barca di awal setelah tertinggal 0-1 di leg pertama. Sebuah ancaman berbahaya datang lewat sepakan kaki kanan Francis Coquelin namun masih dapat diamankan kiper Jasper Cillessen di menit ke-6.

Tiga menit kemudian Barca balik menekan namun sepakan kaki kiri Lionel Messi dari luar kotak penalti dapat digagalkan kiper Jaume. Sementara Valencia mencoba mengancam lewat José Gayá dan Luciano Vietto namun belum membuahkan hasil.

Pada menit ke-30, Messi kembali mengancam gawang Valencia lewat sepakan kaki kirinya tapi masih melenceng. Sedangkan usaha Luis Suarez lewat tembakan kaki kirinya masih dapat diamankan dengan baik oleh Jaume di menit ke-44.

Sementara peluang Valencia lewat sepakan kaki kiri Geoffrey Kondogbia dari sudut sempit masih berada di samping kiri gawang Barca. Hingga turun minum belum ada gol yang tercipta dari kedua tim.

Di babak kedua, Coutinho masuk menggantikan Andre Gomes. Coutinho pun langsung menunjukkan ketajamannya setelah membuat Barca memimpin 1-0 di menit ke-49. Gol pemain anyar Barca ini dicetak lewat kaki kanannya memanfaatkan umpan Luis Suarez.

Unggul 1-0 membuat Barca semakin lepas menekan Valencia. Pada menit ke-62 Luis Suarez dan Messi memiliki beberapa peluang namun masih gagal memperbesar keunggulan.

Pada menit ke-82, Ivan Rakitic membuat Barca unggul 2-0 setelah menjebol gawang tuan rumah lewat kaki kanannya. Satu menit kemudian, Yerry Mina masuk untuk melakukan debutnya setelah menggantikan Gerard Piqué yang cedera.

Hingga wasit meniupkan peluit panjang Barca masih tetap menjaga kemenangan 2-0 dan memastikan lolos ke Copa del Rey. Di final, Barca akan menghadapi Sevilla yang lolos setelah menyingkirkan Leganes.

Susunan Pemain :

Valencia: 1-Jaume Domenech, 24-Ezequiel Garay (3-Ruben Vezo 71′), 5-Gabriel Paulista, 21-Martin Montoya, 14-Jose Gaya, 10-Dani Parejo, 17-Francis Coquelin (7-Goncalo Guedes 55′), 16-Geoffrey Kondogbia, 9-Simone Zaza, 19-Rodrigo Moreno (18-Carlos Soler 55′), 8-Luciano Vietto

FC Barcelona: 13-Jasper Cillessen, 3-Gerard Pique (24-Yerry Mina 83′), 18-Jordi Alba, 23-Samuel Umtiti, 8-Andres Iniesta (15-Paulinho 65′), 4-Ivan Rakitic, 5-Sergio Busquets, 20-Sergi Roberto, 21-Andre Gomes (14-Philippe Coutinho 46′), 10-Lionel Messi, 9-Luis Suarez.

(suara.com/muh)

Related Posts