Ingatkan Bahaya Kanker Serviks, Fakultas Kedokteran Untan Gelar Seminar Kesehatan Nasional

Pontianak, thetanjungpuratimes.com-Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura (Untan) melalui Unit Kerja Mahasiswa Lembaga Pengkajian dan Penelitian Medical Young Researcher And Scientist Association (UKM LPP Myrsa) menyelenggarakan seminar kesehatan nasional bertemakan “Peduli bahaya kanker serviks dan pencegahannya”.

Seminar tersebut diadakan di Gardenia Resort, Jalan Arteri Supadio, Kubu Raya pada Minggu(18/3) pagi.

Para peserta dalam seminar itu adalah mahasiswa – mahasiswi di berbagai Universitas di Indonesia yang mengikuti  Lomba Tanjungpura Medical Scientific Competition (TMSC) 2018 Fakultas Kedokteran Untan pada hari Sabtu (17/3).

Pemateri dalam seminar itu adalah dr. Manuel Hutapea, Sp. OG.(K).(Onk), Dokter Onkologi Ginekologi di kalimantan barat yang membawakan materi tentang  mengenali patologi penyakit Kanker Serviks, lalu DR. Kemala Rita Wahidi, SKp, Sp Kep Onk, ETN, MARS, Ketua Himpunan Perawat Onkologi Indonesia (HIMPONI) yang memberikan tentang penanganan psikis maupun non psikis pada penderita Kanker Serviks dan Roy Mardian CH, S. Farm, yang memberikan materi tentang terapi pengobatan dalam penyembuhan Kanker Serviks.

Salah satu pemateri, dr. Manuel Hutapea mengatakan pemerintah gencar sekali mengingatkan bahayanya kanker serviks bagi wanita.

“Ibu presiden Iriana jokowi sejak dua tahun lalu telah melakukan pencanangan deteksi dini pada kanker payudara dan kanker pada mulut rahim (Serviks)”.

(Agus Supriadi)

Related Posts