Untan Gelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2018

Pontianak, thetanjungpuratimes.com- Universitas Tanjungpura (Untan) menggelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2018, berlangsung di Gedung Rektorat Untan lantai 2, pada Senin (26/3/2018). Sembilan orang peserta mewakili 9 Fakultas di Untan tampil dalam Pilmapres 2018 ini.

Kesembilan peserta tersebut yakni Jasslynia Gorethai, Mahasiswi Fakultas Ekonomi, judul karya julis: aplikasi StocKlab online sebagai solusi cerdas pasar modal Indonesia melalui investasi saham dan reksa dana menuju transformasi tahun 2030.

Rabbiri Yarham Mahardika, Mahasiswa Pertanian, judul karya tulis: sistem pengelolaan lahan gambut terpadu berbasis sumber daya alam dan lingkungan dalam mendukung sustainable development. Fitri Amalia Nusa Putri, Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, judul karya tulis: kendala mahasiswa dalam belajar bahasa inggris.

Melissa Jufenna, Mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, judul karya tulis: respon mahasiswa dan mahasiswi angkatan 2016 Program Studi Bahasa Inggris FKIP terhadap kesetaraan gender. Palguna Wiranata, Mahasiswa Fakultas Kehutanan, judul karya tulis: pemanfaatan lahan gambut untuk pembudidayaan kopi excels (Coffea Dewevrei) di Kabupaten Kubu Raya.

Fitriyyah, Mahasiswi Fakultas Kedokteran, judul karya tulis: Ekstrak Etanol Curcuma sp terenkapsulasi Nanopartikel Poly (lactic-co-glycolic acid) (PLGA) sebagai inovasi pengembangan terapi antidepresan. Roslia Putri Meidita, Mahasiswi Fakultas Teknik, judul karya tulis: Analisa kualitas air parit Jalan Sungai Raya yang tercemar oleh limbah Ipal Rumah Sakit Umum Daerah Sudarso menggunakan Filter Multimedia.

Yanuar Rachmatul Ridha, Mahasiswi Fakultas Hukum, judul karya tulis: Urgensi keberadaan juru bahasa isyarat untuk melindungi penyandang tuna rungu di pengadilan demi mewujudkan hukum yang adil dan inklusif. Putra Yudha Pranata, Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, judul karya tulis: Gerakan usaha profit sharing (GERUPS) dalam meningkatkan eksistensi sistem profit sharing sebagai upaya mengatasi krisis ekonomi dan kemiskinan akibat sistem bunga.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Untan, Prof Dr Kamarullah SH MHum, yang turut membuka kegiatan Pilmapres 2018 ini, mengatakan dunia pendidikan itu tujuan akhirnya adalah menghasilkan lulusan-lulusan yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk meningkatkan kompetensi bangsa Indonesia.

“Sebenarnya kita memang dituntut mahasiswa ini menghasilkan suatu prestasi-prestasi, oleh karenanya ada kegiatan yang bersifat non lomba, ada juga kegiatan yang bersifat pencapaian prestasi, baik kegiatan kemahasiswaan yang sifatnya mandiri maupun kegiatan prestasi mahasiswa yang telah terprogramkan oleh Belmawa Menristekdikti,”ujarnya.

Prof Dr Kamarullah menjelaskan, kegiatan Pilmapres ini merupakan salah satu program pencapaian prestasi mahasiswa yang diprogramkan Belmawa, yaitu memilih, mencari dan menemukan mahasiswa dan mahasiswi yang berprestasi di tingkat perguruan tinggi.

Foto: Warek III Untan, Prof Kamarullah membuka agenda Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2018/Sukardi

(Sukardi)

Related Posts