Posmat TNI AL dan Polairud Pemangkat Laksanakan Penertiban Dokumen Kapal

Pontianak, thetanjungpuratimes.com– Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Pemangkat Lantamal XII Pontianak melaksanakan kegiatan patroli rutin dan pemeriksaan dokumen kapal bersama Polairud di perairan Pemangkat Kalimantan Barat, Rabu (28/3/2018).

Pelaksanaan patroli tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Pemangkat Lantamal XII Pontianak Serda Bah Johanes Sahutu menggunakan alusista Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Pemangkat PAT II-12-23 dengan cuaca berawan, barat laut – timur laut dan gelombang laut sekitar 0,1 meter s/d 0,3 meter.

Serda Bah Johanes Sahutu menuturkan, memeriksa kelengkapan dokumen kapal dan ruang ruang khusus serta Anak Buah Kapal (ABK), salah satu yang diperiksa adalah Kapal Motor (KM) Anak Laut 2.

Dalam pemeriksaan yang juga meliputi barang-barang di dalam kapal tersebut, petugas menyatakan masih memenuhi syarat untuk berlayar.

“Dokumen lengkap dan tidak ditemukan barang-barang berbahaya. KM Anak Laut 2 lalu kami persilahkan melanjutkan perjalanan,” jelasnya.

Lebih lanjut, patroli ini bertujuan untuk memelihara keamanan di wilayah perairan Pemangkat untuk mencegah terjadinya segala bentuk tindak kejahatan di perairan dan  Patroli laut atau muara yang kerap dilaksanakan di perairan ini guna menjaga keamanan agar perairan wilayah kalimantan Barat menjadi aman dan kondusif.

(R/Sukardi)

Related Posts