Pendaftaran SBMPTN 2018 Dimulai 5 April, Ini Persyaratan dan Prosedurnya

Pontianak, thetanjungpuratimes.com– Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 adalah seleksi yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil UTBC (Ujian Tulis Berbasis Cetak), UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), atau kombinasi hasil Ujian Tulis (UTBC/UTBK) dan Ujian Keterampilan calon mahasiswa. Berikut persyaratan dan prosedur pendaftaran SBMPTN 2018:

Persyaratan

a. Pendaftaran

  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2016 dan 2017 harus memiliki ijazah.
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2018 minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL), sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap stempel yang sah.
  • Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran pembelajaran di program studinya.

b. Penerimaan di PTN

Peserta seleksi lulus SMA/MA/SMK atau sederajat atau Paket C, lulus SBMPTN 2018, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

 

Prosedur Pendaftaran

  • Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tulis (UTBC/UTBK) dan ujian keterampilan dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id mulai tanggal 29 Maret 2018.
  • Pendaftaran online UTBC dan UTBK mulai tanggal 5 April 2018 pkl. 08:00 WIB dan berakhir tanggal 27 April 2018 pkl. 22:00 WIB. Pendaftaran online UTBK akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi.

Informasi resmi SBMPTN 2018 juga dapat diakses melalu laman http://scmb.untan.ac.id.

 

(Sukardi)

Related Posts