HIMATA Fakultas Teknik Untan Akan Gelar Khatulistiwa Mining Fair 2018

Pontianak, thetanjungpuratimes.com– Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HIMATA) Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura (Untan) akan mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional dan Seminar Nasional pada agenda Khatulistiwa Mining Fair (KMF) 2018.

“Kegiatan Khatulistiwa Mining Fair 2018 adalah sebuah kegiatan yang diusung oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HIMATA) Fakultas Teknik Untan yang ditunjukkan kepada adik-adik angkatan 2016 dan 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan serta menumbuhkan minat mahasiswa dalam mengembangkan keilmuan mereka dalam bentuk karya yang bermanfaat bagi pelaksanaan pencapaian Sustainable Development Goals 2030 (SDGs 2030),” ujar Briyan Ibnu Husna selaku ketua HIMATA Fakultas Teknik Untan.

Briyan Ibnu Husna menuturkan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional KMF 2018 ini diawali dengan pengumpulan abstrak oleh peserta yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi dari seluruh Indonesia. Abstrak yang telah terkumpul sebanyak 151 abstrak dari setiap tim. Mereka berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Selanjutnya terdapat tahap seleksi full paper yang diseleksi oleh juri-juri berkompeten dari Untan.

“Dari penilaian juri diperoleh 10 tim finalis dengan nilai tertinggi yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Mereka diundang datang ke Universitas Tanjungpura untuk mempresentasikan hasil karya tulisnya dan mengikuti semua agenda KMF 2018. Lomba Karya Tulis Nasional KMF 2018 akan diselenggarakan pada Sabtu, 5 Mei 2018 mendatang, bertempat di Ruang Sidang Utama Fakultas Teknik Untan,” ujarnya

Seminar nasional menjadi agenda selanjutnya dalam KMF 2018. Tema dari seminar nasional ini adalah Pemanfaaatan Sumber Daya Alam Indonesia dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals 2030 (SDGs 2030). Seminar ini dilaksanakan pada Minggu, 6 Mei 2018 di Gedung Rektorat Untan.

Piter Paulie selaku ketua panitia KMF 2018 mengatakan materi-materi dalam seminar nasional akan dijelaskan oleh 2 ahli kompeten dalam bidang pertambangan. Para pemateri tersebut adalah Pak Dendi Dwitiandi S.T, M.T (Vice President PT ANTAM Tayan, Kalimantan Barat)dan Pak Tino Ardhyanto A.R,M. Sc, MBA, Meng.-EM (Ketua PERHAPI Indonesia). Selain itu, terdapat keynote speaker yang merupakan perwakilan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Rektor Untan Prof. Dr. H. Thamrin Usman D.E.A.

“Semoga kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar sesuai harapan panitia, dan semoga kegiatan ini benar-benar bermanfaat bagi mahasiswa maupun umum demi kemajuan sumber daya alam yang ada sekarang” pungkas Piter Paulie.

(Rilis/Ikur)

Related Posts