Prodi Farmasi FK Untan Gelar Lomba Phytoplasm

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura (Untan) menggelar lomba Pharmacy Road Olimpic, Socialization, Bazaar And Seminar (Phytoplasm) ke-10, yang berlangsung di Aula Rumah Dinas Wali Kota Pontianak, pada Sabtu Pagi (5/5/2018).

Lomba ini mengusung tema Penggunaan Bahan Alam dan Penanganan Penyakit Akibat Vektor Borne Disease.

Marinus Andre Raynaldi sebagai ketua panitia  mengatakan lomba ini ada dua rangkaian yaitu untuk pelajar Se-Kalimantan Barat dan Mahasiswa untuk tingkat Nasional.

“Lomba Phytoplasm ini tahun ini diikuti oleh 430 peserta, yang berasal dari berbagai sekolah di Kalimantan Barat dan dari untuk tingkat mahasiswa ada dari Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan lain-lain,”ujarnya.

Ketua badan pengelola Fakultas Farmasi Untan Dr Nurmainah, S.Si, M.M., Apt menjelaskan  Lomba Phytoplasm merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh HMF (Himpunan Mahasiswa Farmasi).

“ Lomba ini diharap memotivasi pelajar maupun mahasiswa bisa menciptakan karya tulis ilmiah yang bagus,baik,handal dan bisa dimanfaatkan demi pembangunan khususnya di Kalimantan Barat, kami selaku pengelola BP Prodi Farmasi sangat mendukung kegiatan ini,” ujarnya.

Dr Nurmainah menambahkan kasus malaria di Kalimantan Barat masih tinggi khususnya di daerah yang mempunyai kelembapan tinggi dan harus jadi perhatian khusus bagi pemerintah.

Ia berharap munculnya generasi muda yang berbakat untuk menghasilkan karya tulis ilmiah dan memecahkan permasalahan khususnya malaria Vektor Borne Disease, sehingga penyakit malaria ini bisa ditekan sekecil mungkin supaya tidak banyak korban korban atau kematian yang diakibatkan oleh penyakit malaria.

(ikur)

 

Related Posts