Mahasiswa Ners Untan Bagikan TOGA dan Penyuluhan Kesehatan

Kubu Raya, thetanjunguratimes.com – Dalam rangka kegiatan praktik komunitas yang dilakukan di desa Punggur Kecil, mahasiswa Ners tidak hanya memperhatikan kesehatan yang berfokus di Puskesmas, mereka juga memperhatikan kesehatan yang berfokus pada keluarga.Dengan berfokus pada keluarga mahasiswa Ners mengadakan kegiatan salah satunya ialah “Pembagian TOGA (Taman Obat Keluarga) dan Penyuluhan kesehatan terkait Hipertensi”.

Kegiatan yang dilakukan di Aula Kantor Kepala Desa, Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap, Selasa (15/5/2018) mendapatkan respon yang baik dari mayarakat setempat.

“Kami senang sekali dengan kegiatan ini, kami dapat pembelajaran tentang tanaman obat seperti kencur, kunyit dan temulawak. Ternyata tanaman-tanaman yang banyak dipekarangan dapat kita pergunakan untuk tanaman obat, tanaman ini juga mudah didapat dan lebih murah. Dan kami berterimakasih sekali berkat acara ini kami lebih mengerti apa itu tanaman obat, khasiatnya apa untuk kesehatan.” Ujar salah satu warga yang mengikuti kegiatan.

Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya yaitu dr. Asep, Kepala Puskesmas Desa Punggur Kecil Bapak Sumediono, SST, dan dibuka oleh Kepala Desa Punggur Kecil Bapak Adi Kusumajaya, MT itu berjalan dengan meriah. Sebanyak 63 peserta yang datang yang merupakan perwakilan dari ketua RT didusun Nusa Indah dan Mawar, Ibu PKK, organisasi di wilayah Punggur Kecil (karang taruna, POM (Persatuan Orang Melayu), KPMD (Komunitas Pemuda Membangun Desa).

Adapun kegiatannya berisi penyampaian materi terkait tanaman obat keluarga dari perwakilan Dinas Kesehatan yaitu dr. Asep, penyampaian materi tentang hipertensi yang diberikan oleh Sukarni, M.Kep., Ners Dosen Fakultas Kedokteran Ilmu Keperawatan Universitas Tanjungpura, dan demonstrasi dari Tim dosen mengenai pembuatan jus lidah buaya yang dapat menurunkan tekanan darah.

(rilis/ikur)

Related Posts