Luar Biasa, Kali Ini 60 Persen Wisuda FKIP Untan Lulus Cumlaude

Pontianak, thetanjungpuratimes.com- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura (FKIP Untan) berhasil meluluskan sebanyak 157 wisudawan – wisudawati dari Program Diploma Tiga (D3), Sarjana(S1) dan Magister (S2) periode ke- 4 Tahun 2018 .

Dari 157 orang, terdapat 60 persen wisuda yang lulus dengan predikat Cum Laude ( lulus dengan pujian terbanyak ), 25 persen berpredikat sangat memuaskan dan 15 persen memuaskan.

Ketua Prodi S1 pendidikan Bahasa Inggris FKIP Untan, Urai Salam MCALL PhD mengatakan, hasil  yang memuaskan ini merupakan kerja keras mahasiswa-mahasiswi FKIP Untan yang lulus dari semester awal hingga akhir mendapatkan nilai yang baik secara konsisten.

“Cum laude itu sebuah gambaran mahasiswa dari semester awal hingga semester akhir itu konsisten belajar dengan baik , tidak mungkin mahasiswa bisa Cum Laude kalau bagusnya hanya semester akhir itu tidak mungkin, jadi ada 60 persen itu luar biasa menurut saya”, ujarnya.

Namun Ia juga menekankan kepada para wisudawan-wisudawati bahwa predikat Cum Laude bukan merupakan jaminan untuk dengan mudah mendapatkan pekerjaan, tetapi para lulusan juga harus tetap mengembangkan keterampilan- keterampilan yang menyesuaikan tantangan perubahan zaman.

“ Cum Laude harus direfleksikan juga dalam bentuk critikal thinking (Berfikir kritis) dan kemampuan untuk menghadapi situasi hari ini yang desruptive teknologi, artinya unpredictable (tidak terprediksi), jadi segala sesuatu sangat dipengaruhi seberapa bagus critikal thinking dari mahasiswa yang lulus”, pungkasnya.

157 para wisuda FKIP Untan bersama wisuda fakultas lainnya di Untan akan diwisuda pada tanggal 26 Juli 2018.

( Agus )

Related Posts