PLN Kalbar dan Untan Kerja Sama Bangun Koneksi Listrik ke Kaltim dan Kalteng

Pontianak, thetanjungpuratimes.com- PT PLN (persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat dan Universitas Tanjungpura (Untan) melakukan penandatangan nota kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) di Gedung Rektorat Untan (17/9/2018).

MoU ini merupakan lanjutan atas MoU sebelumnya dalam  kerja sama membangun infrastruktur ketenagalistrikan di Provinsi Kalimantan Barat.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Dr. rer. nat. Ir. RM. Rustamaji, MT.,  menjelaskan Untan dalam hal ini fakultas teknik mendukung PLN Kalbar membangun koneksi listrik Kalimantan Barat untuk dapat terhubung dengan wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

“Untan (FT Untan) memback up secara teknis PLN dalam interkoneksi sistem Khatulistiwa. Pada Tahun Tahun berikutnya kami akan back up kembali PLN (Persero) khususnya unit Induk Kalimantan Bagian Barat dalam hal interkoneksi sistem Kalimantan, yaitu mengkoneksikan sistem Khatulistiwa dengan Sistem Mahakam dan Sistem Barito sehingga paling Lama di Tahun 2020 interkoneksi sistem Kalimantan  terwujud”, ungkap Dr. Rustamadji.

Sementara itu General Manager PT PLN UIP Kalbagbar, IR. H. Rachmad lubis. MM. Mengatakan bahwa PLN UIP Kalbagbar perlu bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk Untan dalam membangun sistem ketenagalistrikan yang terhubung sewilayah kalimantan.

“Wilayah kerja kami saat ini hanya wilayah Kalimantan Barat, Tapi di RPTL tahun 2019 kami mendapatkan tugas untuk  interkoneksi sampai kalimantan tengah, karena memang di wilayah kalimantan ini yang belum terkoneksi adalah sistem Khatulistiwa, sedangkan sistem mahakam dan barito sudah terkoneksi”, ucap Rachmad Lubis di Ruang Rapat lantai Dua Gedung Rektorat Untan.

Penandatangan MuO dilakukan oleh Wakil Rektor Untan Bidang Perencanaan dan kerjasama, Prof. Dr. Arkanudin, M.Si dan General Manager PT PLN UIP Kalbagbar, IR. H. Rachmad lubis. MM.

(Agus / Ikur)

Related Posts