Tahapan yang Harus Dilakukan Peserta Lolos SBMPTN 2019 di Universitas Tanjungpura

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Dengan diumumkan berdasarkan hasil seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 peserta tes yang dinyatakan lulus SBMPTN 2019 di Universitas Tanjungpura (Untan) untuk mendaftar (registrasi) pada tanggal 10 sampai dengan 24 Juli 2019.

Mereka yang tidak mendaftakan diri (Registrasi) dinyatakan  gugur sebagai calon mahasiswa dari SBMPTN 2019.

Para calon mahasiswa wajib melaksanakan pandaftaran ulang (Registrasi) dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Mengisi biodata online di laman http://scmb.untan.ac.id dan mencetak sebanyak 2 (dua) rangkap mulai tanggal 10 sampai dengan 15 Juli 2019.
  2. Mengunggah berkas untuk pendaftaran ulang (registrasi) sebagai berikut:
  3. Bukti kartu peserta SBMPTN 2019.
  4. Ijazah atau Surat Hasil Ujian Nasional (SKHU) yang telah  dilegalisir sekolah/Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
  5. KTP atau Surat Keterangan Kependudukan dari Kepala Desa
  6. Akte Kelahiran atau Surat Kenal Lahir.
  7. Pas Photo terbaru berwarna 4×6.
  8. Melakukan verifikasi UKT online melalui laman ukt.keuangan.untan.ac.id pada tanggal 10 sampai dengan 15 Juli 2019. Apabila tidak melakukan verifikasi pada tanggal yang telah ditetapkan tersebut maka system secara otomatis menetapkan UKT tertinggi (kelompok 5).
  9. Melunasi UKT sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tarif lengkapnya dapat dilihat http://scmb.untan.ac.id. Pembayaran dilayani di seluruh cabang dan mesin ATM Bank Kalbar mulai tanggal 16 sampai dengan 24 Juli 2019.
  10. Melakukan pencetakan Kartu Mahasiswa (KTM) melalui laman service.untan.ac.id:2000
  11. Peserta bidikmisi yang dinyatakan lulus SBMPTN 2019 akan diverifikasi kebenaran data ekonomi dan atau kunjungan ke tempat tinggal peserta oleh PTN penerima untuk menetapkan status penerimaan sebagai mahasiswa dan atau penerima bantuan biaya pendidikan bidikmisi. Proses verifikasi bidikmisi mulai dilakukan pada tanggal 10 sampai dengan 15 Juli 2019 di Gedung Kuliah Bersama “A”.
  12. Wajib melampirkan surat pernyataan Bebas Narkoba dari Klini Pratama Untan. Tes narkoba dilayani pada tanggal 16 sampai dengan 24 Juli 2019 di Klinik Pratama Untan. Peserta yang diterima pada program studi Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Dokter, Farmasi, Keperawatan, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Lingkungan, Teknik Arsitektur, Teknik Industri, Teknik Pertambangan, Teknik Kelautan, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Fisika, Kimia, Biologi, Sistem Komputer, Giofisika, Ilmu Kelautan, Sistem Informasi dan statistik harus melampirkan fotocopy Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Klinik Pratama Untan.
  13. Bersedia mengikuti program pendidikan karakter, format surat pernyataan dapat dicetak saat proses online.
  14. Biaya UKT yang telah disetor tidak dapat ditarik kembali.

Related Posts