Pelatihan Software Statistik bagi Guru Matematika Smp dan Sma Kota Singkawang oleh Tim PKM Dosen Prodi Statistika Untan

Thetanjungpuratimes.com – Program Studi (PS) Statistika, Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada hari Kamis tanggal 15 Agustus 2019 di SMAN 1 Singkawang. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen dan beberapa perwakilan mahasiswa PS Statistika. Ketua pelaksana kegiatan PKM ini adalah Ibu Dr. Yundari, M.Sc. Kegiatan ini dilakukan berdasarkan survey pendahuluan dengan ketua MGMP Matematika SMP dan SMA di Kota Singkawang pada tanggal 25 Juli 2019 di SMAN 1 Singkawang. Dari hasil survey diperoleh permasalahan bahwa masih banyak guru-guru Matematika yang masih kesulitan dalam hal penggunaan software komputer. Penggunaan software ini dapat mempermudah guru-guru dalan melakukan pengajaran khususnya dalam menggambar grafik data, analisis data dan pembuatan bahan ajar. Alasan inilah yang membuat PS Statistika melakukan Pelatihan software R kepada guru-guru Matematika SMP dan SMA di kota Singkawang.

Foto: Peserta Pelatihan software R antusias mengikuti kegiatan

Pada kegiatan PKM di SMAN 1 Singkawang, seluruh tim disambut oleh Bapak Drs. Absurhan, M.Si selaku perwakilan dari SMAN 1 Singkawang. Dalam pelaksanaannya, kegiatan PKM ini berupa pelatihan analisis statistika deskriptif menggunakan software R bagi guru matematika SMP dan SMA/SMK dan promosi PS Statistika FMIPA Untan. Kegiatan diawali dengan acara pembukaan sambutan dari tim PKM yang disampaikan oleh Bapak Dadan Kusnandar, Ph.D. Selanjutnya sambutan dari ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika tingkat SMA yaitu Bapak Rohim, S.Pd.  Sedangkan untuk ketua MGMP Matematika adalah Bapak Idfi Juliadi, S.Pd. Kegiatan PKM ini dibuka secara simbolis oleh wakil kepala sekolah SMAN 1 Singkawang yaitu Bapak Drs. Absurhan, M.Si. Dalam sambutannya wakil kepala sekolah SMAN 1 Singkawang menyatakan bahwa perlunya kegiatan seperti ini dilakukan untuk mendukung pengembangan profesional guru. Rangkaian acara selanjutnya adalah pemberian kenang-kenangan Jurusan Matematika kepada Ketua MGMP Matematika SMA dan SMP Kota Singkawang dan ucapan ucapan terima kasih kepada SMAN 1 Singkawang, serta sesi foto bersama peserta pelatihan dengan tim PKM Program Studi Statistika.

Dalam kegiatan PKM ini metode yang digunakan adalah ceramah, tutorial, dan diskusi. Materi pelatihan diberikan oleh Bapak Hendra Perdana, M.Sc selaku pembicara dan dosen serta mahasiswa selaku tutor. Peserta pelatihan yang hadir terdiri dari 25 orang guru-guru matematika SMP dan SMA se-Kota Singkawang. Salah satu guru menyatakan bahwa kegiatan ini baik sekali karena dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kepada guru tentang teknik pengolahan dan analisis data serta pembuatan modul pembelajaran menggunakan Software R.

Pada kegiatan ini juga dilakukan promosi PS Statistika dilakukan penyebaran brosur kepada siswa di lingkungan SMAN 1 Singkawang. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menambah animo siswa untuk lebih menyukai pelajaran matematika khususnya statistika, dan nantinya mereka mempunyai keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke PS Statistika.

(Penulis: Dr. Yundari (Dosen Jurusan Matematika, FMIPA UNTAN)

 

 

Related Posts