Partisipasi Tim Pkm Dosen Farmasi FK Untan dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan Swamedikasi Penggunaan Obat Rasional

Kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) dengan judul “Swamedikasi Penggunaan Obat Rasional Menuju Indonesia Sehat 2025 dengan Metode Focus Group Discussion” dari tim dosen Program Studi Farmasi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura telah berhasil dilaksanakan dengan baik. Kegiatan yang berlangsung di Aula Kecamatan Rasau Jaya pada Selasa, 6 Agustus 2019 pukul 09.00 hingga selesai melibatkan sebanyak 60 peserta.

Adapun perserta tersebut terdiri dari Kader masyarakat Kecamatan Rasau Jaya, pegawai kecamatan, kepala desa, dan perangkat desa, serta petugas puskesmas. Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat khususnya kader kesehatan Kecamatan Rasau Jaya sehingga dapat mengetahui swamedikasi penggunaan obat yang rasional dengan metode focus group discussion.

Acara ini diawali dengan sambutan oleh ketua kegiatan Ibu Dr. Siti Nani Nurbaeti, M.Si., Apt dan Camat Rasau Jaya Bapak H. Suhartono, SE yang sekaligus membuka acara. Penyampaian materi “Cerdas Menggunakan Obat” oleh Bapak Fajar Nugraha, M.Sc., Apt. Kemudian, kegiatan diskusi kelompok oleh Tim Dosen Farmasi dengan membuat kelompok kecil.

Secara bergantian tim dosen akan berpindah tempat ke kelompok lain hingga semua kelompok mendapatkan seluruh materi dari tim dosen. Adapun materi-materi yang disampaikan yaitu Materi Swamedikasi Penggunaan Obat Sediaan Khusus oleh Ibu Dr. Siti Nani Nur Baeti, M.Si., Apt,  Swamedikasi Penggunaan Kontrasepsi oleh Ibu Inarah Fajriaty, M.Si., Apt, Materi Swamedikasi Vitamin oleh Bapak Andhi Fahrurroji, M.Sc., Apt, Materi Swamedikasi Obat-obat Gangguan Pencernaan oleh Bapak Hafrizal Riza, M.Farm., Apt, Materi Swamedikasi Nyeri, Sakit Gigi, dan Deman oleh Bapak Fajar Nugraha, M.Sc., Apt, Materi Swamedikasi dalam Pengobatan Diare dan Sembelit oleh Bapak Hadi Kurniawan, M.Sc., Apt, dan Materi Swamedikasi Batuk dan Flu oleh Bapak Shoma Rizkifani, M.Sc., Apt. Dilanjutkan dengan pengisian kuisioner oleh peserta dan pembagian doorprize.

Camat Rasau Jaya, Suhartono H. Suhartono, SE sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Farmasi Fakultas Kedokteran Untan di Kecamatan Rasau Jaya.

“Kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan karena memberikan maanfaat yang besar dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam pengobatan sendiri atau untuk keluarga”, katanya.

Kader masyarakat Kecamatan Rasau Jaya, Sri Hamidah dan Nur Aida Wati mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat karena masyarakat desa masih banyak penggunaan obat yang benar.

“Dengan adanya acara ini juga membuka wawasaan masyarakat untuk mengetahui dan bisa menerapkan cara penggunaan obat yang tepat,” tutur Sri Hamidah

“Positif, sangat baik, kami sangat senang dengan adanya kegiatan ini jarang ada kegiatan sosialisasi kesehatan terkait penggunaan obat yang benar sehingga perlu dilaksanakan kembali”. Ucap Nur Aida Wati.

Related Posts