Diseminasi Teknologi Untan dalam Mengakselerasi Desa Mandiri Pangan di Desa Lingga Melalui Budidaya Ubikayu Varitas Gajah dan Pengolahan Tepung Mocav

Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Tanjungpura (LPPKM UNTAN) melalui Program Pengembangan Desa Mitra dari Dewan Riset dan Pengabdian Masyarakat melakukan kegiatan pendampingan budidya ubikayu varitas gajah yang dapat menghasilkan umbi 8 sampai 30 kg per pohon setelah di panen umur 8 sampai 10 bulan. Budidaya ubikayu ini tujuan utamanya adalah untuk mengakselerasi kemandirian pangan Desa Lingga, Kecamatan Ambawang, Kabupaten Kubu Raya yang saat ini belum tahan pangan.

Penanaman 4500 pohon diharapkan dapat mendukung inisiasi produksi tepung mocav yang saat ini digunakan sebagai bahan baku produksi kerupuk kulit pisang. Kerupuk kulit pisang saat ini menjadi unggulan desa tersebut.

Dr. Ir. Yohana S.K Dewi, MP sebagai ketua kegiatan ini mengatakan bahwa ubi kayu varitas gajah dapat tumbuh subur dan menjadi salah satu upaya untuk menajmin kualitas dan kontinyuitas produksi olahan pangan masyarakat desa tersebut.

Disamping itu Mocav dapat juga menjadi nilai tambah baru hasil ubikayu yang berpotensi meningkatkan pendapatan masyarakat. Antusiasme peserta tampak selama kegiatan berlangsung yang dengan sungguh-sungguh melaksanakan tahapan budidaya dan pendampingan produksi tepung.

Tim yang beranggotakan Oke Anandika Lestari, STP, MP; Komariyati SP, MP dan Deni Darmawan, MSi berharap kegiatan ini dapat menajdi percontohan bagi desa lain dalam mengembangkan potensi unggulan lokal.

 

Related Posts