Kasubbag Pendidik Untan Raih Prestasi Istimewa Peringkat Dua pada Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan Lima Tahun 2019

Thetanjungpuratimes.com- Kasubbag Pendidik Universitas Tanjungpura (Untan) , Eva Novianti Hestivera, ST SE  berhasil mendapat Prestasi Istimewa Peringkat Dua pada Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan Lima Tahun 2019 yang diselenggarakan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenristekdikti. Eva Novianti Hestivera mengaku sangat bersyukur dengan hasil yang telah diraihnya dengan Proyek Perubahannya yaitu Sistem Informasi dan Layanan Pensiun (SILAP) di Universitas Tanjungpura.

Ia menyampaikan bahwa proyek SILAP sudah diimplementasikan bahkan sudah dikirim ke Kementerian. Sebelum menggunakan Proyek perubahan SILAP, Layanan Pensiun terdahulu Dosen harus mengirimkan  berkas secara manual dan memerlukan berkas yang banyak, namun sekarang lebih mudah pegawai hanya mengupload berkas tersebut secara online. Dosen yang sudah memasuki masa pensiun hingga akhirnya SK pensiun diterbitkan Kementerian, Dosen tersebut akan menerima notifikasi melalui WA ataupun email, dan SK pensiun bisa langsung di download melalui sistem terebut. Progres usulan pensiun bisa dipantau secara real time baik oleh operator fakultas maupun dosen yang bersangkutan. Sistem ini memudahkan dalam menelusuri data dan juga mencari arsip-arsip dari berkas-berkas yang diusulkan yang dapat diambil dari sistem tersebut. Dalam melaksanakan tahapan-tahapan proyek perubahannya, Eva mengutarakan bahwa berkat dukungan tim efektif serta komunikasi yang terbangun secara kontinu sehingga tidak ada kendala berarti, bahkan ia dapat menyelesaikannya lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan.

Mardiana, selaku Mentor mengatakan bahwa dirinya sangat bangga dengan prestasi yang dicapai Eva Novianti Hestivera. Ia menyampaikan tidak ada kesulitan dalam membangun komunikasi dengan Eva karena mereka menerapkan pendekatan dari segala lini baik dengan pimpinan hingga rekan sejawat. Mardiana berpesan kepada Eva agar menjadi pelopor untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi lain terkait cuti dan lain-lain yang berhubungan dengan kepegawaian, dan agar SILAP ini terus dikembangkan hingga nantinya dapat digunakan juga untuk pengajuan pensiun tenaga kependidikan.

Mardiana berharap SILAP ini sebagai sistem informasi yang digagas oleh Eva dapat menjadi rujukan Kemenristekdikti dalam menerbitkan SK pensiun bagi pegawai di lingkungan Kemenristekdikti, dan tidak menutup kemungkinan juga bisa diadaptasi oleh Perguruan Tinggi lainnya.

(Ristekdikti/ Agus)

Related Posts