Tim Untan Dragon Jadi Juara Umum Raja Tasik Dragon Boat di Sarawak, Malaysia

KOTA SAMARAHAN, 21 Oktober 2019: Universitas Tanjungpura (UNTAN), Indonesia membuktikan prestasi mereka dengan memenangkan acara perahu naga final ‘Raja Tasik Dragon Boat’ atau ‘Raja Perahu Naga’ pada Regatta Internasional UNIMAS 2019 dengan memenangkan Kategori Perahu Naga Pria dan Kategori Perahu Naga Campuran.

Regatta Internasional UNIMAS 2019 pertama yang diselenggarakan oleh Universitas dari 19 hingga 20 Oktober 2019 di Danau UNIMAS menyaksikan partisipasi enam tim dengan 150 peserta dari dalam dan luar negeri.

Direktur Pusat Olahraga UNIMAS, Profesor Dr Azhaili bin Baharun dan ketua Komite Eksekutif UNIMAS International Regatta 2019, mengatakan keberhasilan penyelenggaraan turnamen akan menjadi titik awal untuk acara besar tahun depan. Dia juga berharap bahwa lebih banyak institut pendidikan tinggi negeri dan swasta di Malaysia akan bergabung dengan turnamen nanti.

“UNIMAS juga bermaksud untuk memperluas undangan ke universitas dari Singapura, Thailand, Filipina, dan Australia,” katanya, seraya menambahkan bahwa tahun ini menyaksikan partisipasi tim dari negara-negara tetangga, Universitas Tanjungpura (UNTAN), Indonesia dan Universitas Brunei Darussalam (UBD), serta tim. Universitas Sabah Sabah Labuan Campus (UMSKAL), Universitas Teknologi MARA Sarawak (UiTM) dan Sarawak Sports Corporation (SSC).

Dia juga berterima kasih kepada semua orang yang terlibat, terutama tim yang berpartisipasi, sponsor, staf yang bertugas, mengundang staf teknis dan sukarelawan atas upaya dan bantuan mereka dalam membuat acara ini sukses.

Pertarungan dalam memperebutkan juara Satu Perahu Naga Pria dan lomba Perahu Naga Campuran antara tim UNIMAS dan UNTAN berlangsung sengit. Tim Perahu Naga Pria Untan terus mendahului Tim Perahu Naga Pria UNIMAS yang ingin mengejar ketertinggalan ke garis finish. Sementara Kategori Perahu Naga Campuran yang didominasi oleh tim UNIMAS pada uji coba waktu akhirnya diputuskan melalui photo finish yang memperlihatkan tim UNTAN memimpin garis finish beberapa detik sebelum tim UNIMAS. Tempat ketiga di kedua kategori perahu naga dimenangkan oleh Universitas Brunei Darussalam (UBD). Juga berfokus pada acara-acara perahu naga adalah tim UiTM. Meskipun berada di tempat keempat di kedua acara perahu naga, peningkatan kinerja dan antusiasme tim UiTM tidak memberikan akses mudah ke tim Universitas Brunei Darussalam (UBD) di tempat ketiga.

Dalam acara kayak, UNIMAS dengan bangga telah memenangkan 6 emas, 3 perak dan 1 perunggu dari tujuh (7) perlombaan yang diperebutkan. Turnamen pertama menarik partisipasi empat (4) tim dari kategori kapal naga yaitu Universitas Tanjung Pura (UNTAN) Indonesia, Universitas Brunei Darussalam (UBD), Universitas Teknologi Mara (UiTM Sarawak) dan Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS). Sementara itu, acara kayak bergabung dengan tim Universitas Tanjungpura (UNTAN) Indonesia, Universiti Teknologi Mara (UiTM Sarawak), Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS), Universitas Sabah Labuan Campus (UMSKAL) dan Sarawak Sports Corporation (SSC).

Jason Kho, seorang petugas teknis yang diundang secara khusus dari Singapura, mengatakan: “UNIMAS sangat beruntung memiliki danau yang besar dan luas. Berbagai kegiatan olahraga air dapat diadakan baik secara lokal maupun internasional. Jika UNIMAS bermaksud untuk menyelenggarakan balapan ini lagi tahun depan, itu akan membantu untuk mempromosikan turnamen dan menarik partisipasi universitas di Singapura untuk datang ke UNIMAS “.

Upacara Penutupan dan Presentasi Hadiah dihadiahkan oleh Yang Mulia Dato Hj Idris Hj Buang, Anggota Majelis N16 Muara Pour. Hadir pula Prof. Datuk Mohamad Kadim bin Suaidi, Wakil Rektor UNIMAS, Prof. Dr. Kamarullah S.H.M Hum, Wakil Presiden Senior, Wakil Rektor dan Alumni Universitas Tanjung Pura, Ms Mohammad Ali Sabri bin Hj Abang, Petugas Kontingen Universitas Brunei Darussalam, Prof. Dr Azhaili Baharun Direktur Pusat Olahraga UNIMAS, Dato Rozalix dan staf teknis Singapura yang diundang, Mr Calvan See dan Jason Kho.

Foto dan Artikel oleh: Hardy bin Suntol (Unit Pelatihan & Media, Pusat Olahraga UNIMAS)

Related Posts