Fakultas Kehutanan Untan Kerja Sama dengan Perum DAM Tirta Raya dan PT Gemilang Sawit Kencana dalam Pengelolaan Air Minum

Fakultas Kehutanan Untan Kerja Sama dengan Perum DAM Tirta Raya dan PT Gemilang Sawit Kencana dalam Pengelolaan Air Minum

Pontianak, thetanjungpuratimes.com- Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura (Untan) melakukan Penandatanganan kerja sama dengan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) air minum Tirta Raya Kabupaten Kubu Raya dan PT. Gemilang Sawit Kencana Kabupaten landak di Hotel Mercure Pontianak (28/10/2019).

Dekan Fakultas Kehutanan Untan, Dr. Ir. H. Gusti Hardiansyah, M.Sc, QAM mengutarakan kerja sama yang dilakukan berupa kerja sama pengelolaan air baku menjadi air siap minum di Kabupaten Kubu Raya dan di PT. Gemilang Sawit Kencana di Kabupaten landak.

“ Kerja sama ini terkait dengan pengelolaan air, terutama air gambut menjadi yang menjadi air siap minum, Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura mempunyai teknologi dan Hak paten dengan multi media filter sehingga kita ingin mengaplikasikan scientific based dan teknologi yang kita punya kepada masyarakat baik baik pemerintah Kabupaten Kubu Raya dan juga kepada pihak perusahaan PT gemilang Sawit Kencana”, ucapnya Dr. Ir. H. Gusti Hardiansyah saat yudisium program sarjana dan magister ilmu kehutanan periode pertama tahun akademik 2019/2020.

Dr. Ir. H. Gusti Hardiansyah mengatakan kerja sama dengan Kabupaten Kubu Raya tidak hanya terkait dengan Air baku menjadi siap minum namun termasuk juga spasial lingkungan masyarakat bagaimana manajemen pengelolaan air oleh masyarakat seperti kelayakan titik-titik air baku yang direncanakan oleh pemerintah Kabupaten Kubu Raya sehingga Kabupaten Kubu Raya dalam konteks air mandiri dan tidak tergantung dengan Kota Pontianak bahkan bisa menyalurkan airnya ke kota Pontianak. Sementara untuk PT Gemilang Sawit Kencana air baku gambut menjadi air siap minum  ini akan dimanfaatkan oleh pengusaha misalnya untuk  pekerja-pekerja di lapangan.

Fakultas kehutanan Untan akan mulai bekerja dalam semester 2019-2020. Tim Fakultas kehutanan Untan akan melakukan riset landscape terkait dengan potensi titik-titik sumber-sumber air baku terutama di Kecamatan Rasau, Kabupaten Kubu Raya. Kemudian untuk PT Gemilang Sawit kencana mulai bulan Oktober ini Tim Fakultas kehutanan Untan akan ke lapangan membawa instalasi air minum air bersih untuk perusahaan.

“ Sebenarnya Dua bulan ini kita sudah melakukan pra survey sehingga kita tinggal menyiapkan beberapa peralatan termasuk tong-tong air serta bahan kimia untuk dibawa di lokasi” ucap Dr. Ir. H. Gusti Hardiansyah.

Sementara itu, Direktur Perum DAM Tirta Raya Kabupaten Kubu Raya, Mula Putra mengatakan saat ini cakupan pelayanan Perum DAM Tirta Ria Kabupaten Kubu Raya masih delapan belas persen dari keseluruhan penduduk di Kubu Raya.

“Cakupan pelayanan kami baru 18 persen dari sekitar 500 ribu penduduk yang ada di kubu raya mudah-mudahnya kerja sama dengan fakultas kehutanan kami bisa mengmbangkan infrastruktur pelayanan air minum khususnya di Kubu Raya”, ucapnya.

Mula Putra berencana dengan kerja sama yang dilakukan bersama Fakultas kehutanan Untan dalam Lima tahun kedepan Perum DAM Tirta Ria, Kabupaten Kubu Raya  bisa menyalurkan Air Minum Ke Kota Pontianak.

“ Cita-cita saya mudah-mudahan dalam Lima tahun ini bisa mensuplai air ke kota Pontianak, jadi kita balik nanti, selama ini kota dibantu oleh kota Pontianak, dalam Lima tahun akan kita balik mereka akan kita supply air, kenapa karena kota setiap tahun tidak bisa menyelesaikan masalah air asin, karena air baku mereka setiap tahun selalu terinterupsi oleh air laut, kami Alhamdulillah mendapat air baku di Bintang Mas 4 Kubu Raya yang selama ini kalau di kota asin disana tidak asin , makanya kami menandatangani MoU ini untuk mengembangkannya” pungkasnya.

(Agus)

Related Posts