Untan Mewisuda 2562 Lulusan Periode 1 Tahun Akademik 2019/2020 

Universitas Tanjungpura (Untan) mewisuda 2562 lulusan periode 1 Tahun Akademik 2019/2020 untuk Program Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor pada 30-31 Oktober 2019 di Auditorium Untan.

Rektor Untan, Prof Dr Garuda Wiko mengatakan Wisuda Kali ini lebih banyak dari biasanya sehingga melebihi kapasitas gedung Auditorium Untan. Oleh karena itu, Pelaksanaan diadakan selama Dua hari dari tanggal 30 dan 31 Oktober 2019.

“ Wisuda Untan Periode 1 Tahun 2019/2020 yang semula pelaksanaannya sesuai  kalender akademik adalah hari Kamis tanggal 31 Oktober 2019 namun mengingat jumlah wisudawan yang akan diwisudakan telah melebihi kapasitas daya tampung Auditorium, maka pelaksanaan wisuda dilaksanakan sebanyak 2 kali yaitu pada hari Rabu dan Kamis tanggal 30 dan 31 Oktober 2019,” kata Rektor Untan, Prof Dr Garuda Wiko SH MSi dalam sambutannya.

Garuda Wiko menjelaskan pada setiap pergantian Tahun Akademik telah terjadi peningkatan kuantitas mahasiswa, namun peningkatan kualitas itu tentu harus dibarengi dengan peningkatan kualitas output-nya.

“Hal ini ditunjukan dengan semakin meningkatnya prestasi-prestasi mahasiswa baik pada tataran nasional maupun internasional,” ujar Garuda Wiko.

Kepada wisudawan Rektor mengingatkan kepada wisudawan bahwa gelar sarjana bukan sekedar himpunan huruf yang diletakan di akhir nama, namun gelar akademik tersebut merupakan manifestasi dari perjuangan selama menempuh pendidikan di Untan.

“Gelar akademik juga menjadi indikator dalam tingkatan keilmuan dan pengetahuan teknis saudara pada ilmu masing masing, namun perlu dipertanyakan apakah sampai disitu fungsi dan kegunaan gelar akademik? Lebih jauh lagi apakah gelar akademik beserta gelar akademik yang mengikutinya  akan cukup sebagai modal untuk mencapai kesuksesan didalam hidup?,” ucap Garuda Wiko.

Pada kesempatan ini Rektor juga berharap kepada lulusan untuk dapat mendukung Tracer Alumni/Tracer studi universitas tanjungpura yang dapat diakses melalui traceralumni.untan.ac.id.

Program ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untan  dalam rangka mendapatkan umpan balik dari alumni.

Umpan balik yang didapatkan dari alumni diperlukan untan dalam upaya untuk pengembangan kualitas serta perbaikan sistem pendidikan. Umpan balik tersebut dapat pula dimanfaatkan bagi Untan untuk pemetaan kompetensi alumni terhadap dunia kerja.

(kr/ag)

Related Posts