Menyongsong Dies Natalis Ke 17, PMKRI Sungai Raya Kunjungan Sosial ke Panti Asuhan.

Dalam rangka realisasi program kerja dewan pimpinan cabang yaitu pada bidang presedium pengembangan organisasi (PPO) yang salah satunya adalah Dies Natalis. Memasuki usia yang ke 17 tahun PMKRI Cabang Sungai Raya pada tahun 2019.

Sudah terbentuk panitia pelaksana kegiatan dan telah memasuki beberapa agenda kegiatan berdasarkan kesepakatan panitia seperti kunjungan sosial, pelatihan desain grafis, temu pemuda lintas iman dan malam puncak. Salah satu rangkaian kegiatan perama adalah kunjungan sosial yang di laksanakan di panti asuhan “Bunda Pengharapan” Paroki Gereja Santo Agustinus yang beralamat di Jalan Adisucipto Kabupaten Kubu Raya. Kegiatan kunjungan sosial di ikuti oleh peserta sebanyak kurang lebih 41 orang baik dari kader PMKRI maupun anak-anak Panti Asuhan serta Suster Pembina.

Kedatangan peserta dari PMKRI di sambut baik oleh suster Yulita selaku pendamping anak-anak di Panti Asuhan. Tepat kurang lebih pukul 13:20 WIB rombongan peserta PMKRI tiba di lokasi Panti Asuhan, kemudian ada juga yang masih menyusul. Kegiatan di mulai pada pukul 13;50 WIB yang di pandu oleh Sdr. Sunardi (Biro Marga) dan Florentina (Anggota Muda) sebagai pembawa acaranya.

Acara di mulai dengan kata sambutan dari Ketua Panitia, Suster, Ketua Presidium, dan perkenalan oleh PPO.Ketua panitia  Sdr. Lorensius Vici, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada suster dan pihak Panti Asuhan yang sudah menerima kedatangan PMKRI untuk kunjungan sosial.

Kemudian kata sambutan oleh suster pembina Panti Asuhan, Suster Yulita, yang dalam sambutannya juga serupa yaitu menyampaikan ucapan banyak terima kasih kepada pihak PMKRI yang sudah mau berkunjung ke Panti Asuhan dan dengan senang hati pihak Panti menerima kedatangan PMKRI. Dalam sambutannya suster menyampaikan bahwa keseluruhan anak-anak penghuni Panti Asuhan ada 31 orang, ada yang masih TK, SD, SMP dan SMA/SMK dan pada saat itu pula ada beberapa mereka yang SMP masih belum datang sekolah dan ada 2 orang yang sakit sehingga tidak bisa ikut bergabung di aula mengikuti kegiatan ini. Suster menyambut baik kedatangan PMKRI untuk saling berbagi kasih dan kegembiraan kepada anak-anak Panti Asuhan. Selanjutnya ketua presidium Sdr. Laurensius juga memberikan sambutan dan mengapresiasi kinerja panitia yang turut mensukseskan rangkaian kegiatan pada agenda Dies Natalis yang merupakan program kerja Dewan Pimpinan Cabang (DPC) karena telah merangkai kegiatan ini berupa kunjungan sosial. Dalam apresiasinya, Laurensius menggemparkan semangat pro ecclesia et patria yang artinya semangat untuk gereja dan tanah air senantiasa ada pada PMKRI. Kerja sama dan koordinasi yang baik antara panitia dan pihak Panti Asuhan sehingga kegiatan kunjungan sosial dapat di laksanakan sesuai target dan waktu pelaksanaannya. Setelah selesai sesi sambutan, kemudian di lanjutkan perkenalan singkat oleh Sdr. Supardi selaku Presidium Pengembangan Organisasi (PPO). Dalam sesi tersebut memperkenalkan identitas dan keberadaan PMKRI di Kubu Raya dan di lanjutkan memperkenalkan seluruh peserta kader PMKRI yang hadir pada kesempatan tersebut. Adapun identitas kader yang di perkenalkan adalah seperti nama, asal, dan jabatan di PMKRI supaya dari suster maupun anak-anak panti dapat mengenal lebih dekat dengan peserta dari PMKRI.

Di sambing itu juga di berikan kesempatan kepada suster dan anak-anak Panti untuk memperkenalkan diri seperti nama, sekolah dan asalnya. Dari perkenalan tersebut di ketahui bahwa anak-anak Panti Asuhan berasal dari beberapa daerah Kabupaten yang ada di Kalimantan Barat ini.Selesai perkenalan di lanjutkan ke acara ice breaking yang di pandu oleh Glandis Artamevia selaku Biro Kerohanian. Pada sesi ini ada beberapa game dan lagu pujian yang di bawakan guna memberikan suka cita dan kegembiraan bersama terutama kepada anak-anak Panti Asuhan. Pada acara ice breaking ini seluruh peserta PMKRI saling terlibat dan membaur bersama anak-anak Panti. Setelah itu sekitar pukul 14;50 WIB di lanjutkan ke acara Ceremonial Dies Natalis yang di buka dengan doa oleh Sr. Bronius Brono selaku Biro Kerohanian. Turut maju ketua panitia, ketua presidium, suster, anak panti dan PPO melakukan peniupan lilin dan memotong kue sembari menyanyikan lagu selamat ulang tahun. Dalam acara Ceremonial ini menandakan bahwa rangkaian kegiatan Dies Natalis ke 17 PMKRI Sungai Raya telah di mulai. Ketua presidium dan suster memotong kue dan membagikannya kepada anak-anak Panti Asuhan dan peserta PMKRI seraya merasakan suka cita dan kegembiraan bersama. Di sela acara Ceremonial di adakan ramah tamah peserta PMKRI dan anak-anak Panti Asuhan saling membaur dan di isi dengan beberapa request lagu. Setelah selesai acara Ceremonial di lanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan, baik dari PMKRI maupun dari pihak Panti Asuhan. Kemudian penyerahan cindera mata dan beberapa bingkisan oleh PMKRI kepada pihak Panti Asuhan yang di terima langsung oleh Suster Yulita. Dalam bingkisan tersebut ada beberapa barang yang di berikan yaitu pakaian, mainan, dan perlengkapan belajar seperti buku tulis dan buku gambar, pulpen, pensil, penghapus dan mistar. Sebagai akhir dari kegiatan kunjungan sosial, di abadikan dengan momentum foto bersama.

Kemudian di tutup dengan doa yang di bawakan oleh Suster Yulita.Sebelum melakukan keberangkatan pulang, seluruh peserta PMKRI bersalaman dengan suster dan anak-anak Panti Asuhan sambil mengemaskan barang dan berangkat pulang.

Oleh: Supardi Presidium Pengembangan Organisasi

 

 

Related Posts