Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional Untan Gelar Praktikum Simulasi Sidang UNSC dan Table Manner

Thetanjungpuratimes.com – Mahasiswa-mahasiswi prodi Hubungan Internasional angkatan 2017 menggelar kegiatan Praktikum I. Praktikum tersebut dibagi menjadi dua agenda, yaitu simulasi sidang United Nations Security Council (UNSC) dan table manner. Kegiatan tersebut bertempat di Hotel Transera, Kota Pontianak (28/11/2019).

Praktikum tersebut diawali pukul 08.30-13.00. Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua Prodi Hubungan Internasional, Wakil Dekan I Fisip Untan, serta para dosen pembimbing Praktikum I.

Kegiatan dimulai dengan sidang simulasi PBB yang mengangkat tema, “UNSC: Global Response on Eritrean-Ethiopian Border Conflicts.” Dalam sidang tersebut, para mahasiswa bertindak sebagai perwakilan masing-masing negara anggota PBB dan berusaha menyelesaikan konflik perbatasan tersebut sehingga menghasilkan sebuah resolusi penyelesaian. Kemudian, dilanjutkan hotel tour dan ditutup dengan table manner.

Idiyansa selaku ketua penyelenggara kegiatan mengaku senang sekali dapat mengikuti praktikum ini. Ia mengatakan bahwa pelaksanaan UNSC membahas mengenai konflik perbatasan antara negara Eritrea dan Ethiopia berjalan dengan lancar tanpa kendala, kemudian diakhiri dengan sesi table manner yang sangat penting bagi mahasiswa HI.

“Kegiatan ini sangat menarik sekali karena setelah sidang terdapat sesi table manner yang memberikan kita pemahaman bagaimana etika makan seperti perwakilan negara,” ujarnya.

Menurut Hendra Ramdani sebagai salah satu partisipan kegiatan, praktikum ini sangat bermanfaat sekali untuk menambah pengetahuan baru. Hendra selaku perwakilan dari negara Eritrea merasa bahwa sidang tersebut sudah seperti sidang PBB pada umumnya, sangat berbanding lurus dengan prodi HI. Begitu pula dengan sesi table manner yang mengajarkan tata cara perjamuan di meja makan.

“Kedua kegiatan tersebut sangat penting untuk diketahui oleh para mahasiswa HI. Harapan saya untuk ke depannya, semoga kegiatan ini dapat lebih baik lagi dan semoga prodi HI Untan semakin maju,”ujarnya.

Related Posts