Lokakarya Penanaman Pohon dan Agroforestry : Dukungan Kebijakan dan Finansial untuk Kesejahteraan Masyarakat serta Perlindungan Biodiversitas

Lokakarya Penanaman Pohon dan Agroforestry : Dukungan Kebijakan dan Finansial untuk Kesejahteraan Masyarakat serta Perlindungan Biodiversitas

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura (Fahutan Untan) bekerjasama dengan Center for International Forestry Research (CIFOR) International Centre for Research in Agroforestry (ICRAF) mengadakan lokakarya Trees on Farms (TonF) dengan tema penanaman pohon dan agroforestry : dukungan kebijakan dan finansial untuk kesejahteraan masyarakat serta perlindungan biodiversitas.

Lokakarya Trees on Farms (TonF) yang kedua kalinya ini diselenggarakan di Hotel Mercure Pontianak pada Rabu (11/12/2019).

Peserta yang mengikuti mewakili berbagai pemangku kepentingan baik dari instansi pemerintah pusat dan daerah provinsi Kalimantan barat, Akademisi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), perusahaan dan asosiasi serta lembaga penelitian dan pembangunan.

Dalam lokakarya ini, Melalui para stakeholder mendiskusikan lebih lanjut dukungan kebijakan pemerintah dalam mendorong penanaman hortikultura ( terutama bersifat pohon buah) lebih spesifik di identifikasi sebagai jenis komoditas yang telah banyak dikembangkan masyarakat serta berperan dalam peningkatan kesejahteraan. Para stakeholder terkait juga mendiskusikan secara lebih mendalam skema pembiayaan dan peran untuk mendorong gerakan penanaman pohon di tanah pertanian masyarakat dan pelestarian keanekaragaman hayati. Para pihak juga mendiskusikan terkait peta jalan (Road Map) penanaman pohon  di lahan masyarakat Kalimantan barat yang menjadi misi penting Forum Daerah Aliran sungai (Forum DAS Kalimantan Barat).

(Agus)

Related Posts