BATAN Diskusikan Prioritas Riset Nasional Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Kalbar

BATAN Diskusikan Prioritas Riset Nasional Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Kalbar

Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) mengadakan Forum Group Discussion (FGD) dengan tema “ Prioritas Riset Nasional Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir” di Hotel Mercure Pontianak pada Kamis (27/2/2020).

Dalam sambutannya, Sekretaris Utama BATAN, Ir. Falconi Margono Sutarto, MM mengatakan diskusi ini berkaitan dengan perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Kalimantan Barat.

“ Energi ini merupakan pendukung pembangunan, tanpa energi kita tidak akan bisa membangun, tanpa pangan kita juga tidak bisa membangun, pangan programnya sudah kita lakukan, energi mungkin kita akan dorng lagi khususnya di Kalimantan Barat dan mudah-mudahan PLTN pertama di Kalimantan barat bisa terwujud”, ucapnya.

Sementara itu, Rektor Untan Prof Garuda Wiko SH, MSi FCBArb yang diwakili Wakil Rektor bidang kerja sama Ir. Junaidi, M.Sc sangat berterima kasih dan mengapresiasi BATAN yang konsisten bekerja sama dengan Untan dalam perencanaan pembangunan PLTN.

“ Bagi Universitas Tanjungpura, FGD hari ini memberikan arti penting bagi Kalimantan Barat, setidaknya dalam rangka memperkuat kebijakan energi Provinsi Kalimantan Barat yang diarahkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya energi yang berada pada wilayah Provinsi Kalimantan Barat” ucapnya.

Ir. Junaidi menyampaikan kebijakan energi Kalimantan Barat bertujuan untuk mencapai kemandirian pengelolaan energi, menjamin ketersedian energi, dan terpenuhinya kebutuhan sumber energi dengan mengoptimalkan sumber daya energi secaram terpadu dan berkelanjutan. Selain itu kebijakan energi Kalimantan Barat diarahkan untuk meningkatkan efisiensi pemanfaatan energi, menjamin akses energi yang adil dan merata terhadap energi, menciptakan lapangan kerja, dan terkendalinya dampak perubahan iklim dan terjaganya fungsi lingkungan hidup.

MoU BATAN dan Untan 2 februari 2020Pada FGD tersebut juga hadir Dekan Fakultas Teknik Untan, Dr. rer. nat. Ir. RM. Rustamaji, MT., dekan FMIPA Untan, H Afghani Jayuska, S.Si., M.Si, Rektor Untan periode 2011-2019, Prof. Thamrin Usman, DEA, perwakilan Pemerintah Provinsi Kalimantan barat dan  stakeholder di bidang Nuklir.

(Agus)

Related Posts