Beredar Isu TKI Malaysia Meninggal Dunia Karena Covid 19, Pustu Desa Tebang Kacang Imbau Masyarakat Tidak Panik

muhaimin sani dan muhammad ali

Isu tentang adanya TKI yang baru pulang dari Malaysia meninggal dunia karena covid 19  Beredar dari mulut ke mulut masyarakat Desa Tebang Kacang. Hal tersebut membuat beberapa orang yang termakan isu hoax tersebut mulai merasa panik.

Kepala Dusun Tembang Sari, Desa Tebang Kacang, Muhammad Ali menegaskan bahwa isu yang beredar tersebut adalah isu hoax. Ia mengatakan memang ada warga desa tebang kacang berstatus ODP baru pulang dari Malaysia namun sudah dipantau oleh tim medis puskesmas kecamatan sungai raya dan sampai saat ini tidak ada yang memiliki gejala Covid 19.

“ Itu hoax, TKI yang baru pulang dari Malaysia ada beberapa di Dusun Tembang Sari dan banyaknya berada di Dusun Zakia itu Alhamdulillah sudah dipantau oleh tim medis puskesmas sungai durian, Pustu kita  Muhaimin sani dan Bidan Rina juga campur tangan disana  terus melakukan pemantauan hingga saat ini” , ucapnya.

Petugas Perawat Puskesmas Pembantu (Pustu) wilayah Desa Tebang Kacang menyampaikan bahwa di wilayah puskesmas sungai raya memang belum ada warga positif terinfeksi virus corona atau Covid 11, namun ada puluhan warga yang berstatus ODP baru pulang dari Malaysia dan Pondok pesantren di luar pulau serta PDP Dua Orang.

“ Jadi memang tidak ada yang mempunyai gejala penyakit covid 19 namun kita data mereka kita masukkan e dalam data kita, kemudian ada beberapa wilayah yang memiliki warga berstatus PDP dan sudah kita masukkan data pada dinas terkait” ungkapnya.

Sani menghimbau masyarakat Desa Tebang Kacang agar tidak panik atas informasi yang belum jelas asalnya. Masyarakat dapat melakukan konfirmasi ke Dinas Kesehatan maupun petugas kesehatan setempat agar dapat mengklarifikasi informasi yang ada.

Sani menyampaikan Pustu Desa Tebang Kacang telah melakukan berbagai usaha pencegahan Covid 19  dengan mengedukasi masyarakat melalui baliho atau banner berisi cara pencegahan penyakit virus corona atau Corona Virus Disease 2019 (covid 19). bekerja sama dengan  berkoordinasi lintas sektor baik dari  Pemerintah Desa Tebang Kacang, TNI, POLRI, BPD, Kader Akademi Paradigta, RT, RW, dan Tim Relawan Covid 19 Desa Tebang Kacang.

“Kami juga menganjurkan masyarakat untuk selalu menggunakan masker, misalkan keluar rumah kemudian anjuran untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun enam langkah juga sudah kita imbau kepada masyarakat agar terhindar covid 19. Kita juga sudah memberikan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga”, pungkasnya.

(Agus)

Related Posts