Pengenalan dan Pelatihan Cara Pengolahan berbagai Macam Jeruk sebagai Upaya Pencegahan dan Pengobatan Covid-19 di Kelurahan Bansir Darat Pontianak Tenggara Kota Pontianak 2020

Pengenalan dan Pelatihan Cara Pengolahan berbagai Macam Jeruk sebagai Upaya Pencegahan dan Pengobatan Covid 19 di Kelurahan Bansir Darat Pontianak Tenggara Kota Pontianak 2020

Negara di seluruh dunia termasuk Indonesia saat ini sedang dilanda suatu wabah pandemi yang dikenal dengan nama Covid-19. Corona virus disease tahun 2019 (Covid-19) merupakan suatu penyakit akibat virus corona yang menyebabkan gangguan sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian. Virus baru ini dapat menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, dan juga lansia. Kasus Covid-19 di Indonesia terus bertambah dengan kini telah mencapai 1.677 kasus dan menyebabkan 157 kematian per 1 April 2020. Hingga saat ini masih belum ditemukan vaksin dari virus corona, sehingga para peneliti di dunia terus berupaya untuk menemukan vaksin tersebut.

Tim peneliti Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), telah melakukan uji skrining secara komputasi menggunakan senyawa aktif pada tanaman jeruk, secang, kunyit, dan lengkuas. Hasil studi komputasi menunjukkan bahwa senyawa aktif hesperidin pada jeruk memiliki kemampuan yang setara bahkan lebih mudah berinteraksi pada SARS-CoV-2 dan ACE2 dibanding obat antivirus Lopinavir dan Nafamostat. Diketahui bahwa semua jeruk mengandung senyawa hesperidin ini.

Berdasarkan uraian di atas, Tim PKM Dosen Farmasi Fakultas Kedokteran Untan Mohamad Andrie, M.Sc., Apt dan Wintari Taurina, M.Sc., Apt berinisiatif untuk memadukan berbagai jenis jeruk di Kota Pontianak antara lain jeruk pontianak (Citrus nobilis L.), jeruk sunkist (Citrus reticula), jeruk sambal (Citrus amblycarpa), jeruk bali (Citrus maxima), dan jeruk nipis (Citrus aurantifolia) menjadi rujak jeruk dalam upaya meningkatkan daya tahan tubuh sebagai upaya pencegahan Covid-19 dengan variasi rasa yang menyenangkan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan informasikan kepada masyarakat terkait Covid-19 dan cara pencegahannya, serta khasiat jeruk dan cara pembuatan rujak jeruk sebagai makanan sehat. Sasaran atau mitra dari kegiatan ini adalah masyarakat, khususnya ibu-ibu di Kelurahan Bansir Laut, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Luaran yang ingin dicapai dari kegiatan ini yaitu masyarakat paham tentang manfaat berbagai varietas jeruk sebagai upaya pencegahan Covid-19, serta mampu mengolahnya menjadi rujak jeruk. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan mengunjungi rumah warga satu persatu dan memberikan penyuluhan langsung kepada masyarakat. Pelaksanaan penyuluhan dibantu dengan prototipe berupa brosur dan juga video pembuatan rujak jeruk.

Kegiatan PKM ini meliputi penyuluhan mengenai Covid-19 beserta upaya pencegahannya, penyuluhan khasiat jeruk beserta cara pengolahan rujak jeruk, diskusi dan tanya jawab, serta pembagian brosur dan sampel rujak jeruk kepada mitra. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa tema Penyuluhan Pemanfaatan Berbagai Varietas Jeruk Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengobatan Covid-19 yang kami angkat ternyata menarik bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan setelah penyuluhan, masyarakat menjadi tahu cara memadukan berbagai jenis jeruk menjadi rujak jeruk. Rata-rata nilai pelaksanaan PKM ini adalah 96,8%, artinya peserta merasakan sangat puas dengan kegiatan PKM ini. Saran dari peserta terkait kegiatan penyuluhan ini adalah kegiatan penyuluhan sebaiknya dilakukan pelatihan pembuatan rujak jeruk secara langsung.

Namun, kondisi yang tidak memungkinkan untuk berkumpul menyebabkan saran dari peserta tidak dapat dilaksanakan. Saran lain dari peserta yaitu penyuluhan seperti ini sebaiknya dilaksanakan lebih sering untuk menambah pengetahuan, informasi, dan kemampuan masyarakat dalam memelihara kesehatan sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Kalimantan Barat umumnya.


[pdf id=11451]

Tim pengabdian kepada masyarakat oleh Dosen Farmasi dan mahasiswa farmasi:

Mohamad Andrie, M.Sc., Apt
Wintari Taurina, M.Sc., Apt
Tim mahasiswa prodi farmasi FK Untan

Related Posts