Pesan Perdamaian di Balik Peristiwa Mandor

pesan perdamaian dari mandor

Rektor Universitas Tanjungpura, Prof.Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si, FCBArb. membuka kegiatan Webinar dalam rangka memperingati Hari Berkabung Daerah Kalimantan Barat. Webinar yang digagas Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura (FEB Untan) mengangkat tema “Mandor untuk Kalimantan Barat, Indonesia dan Dunia”(29/6/2020) .

Dalam sambutannya Rektor Universitas Tanjungpura menyatakan bahwa pengorbanan para pejuang harus kita kenang sebagai peristiwa yang penting dan penuh makna. Pengorbanan para pejuang yang gugur harus dapat ditransformasikan menjadi energi positif untuk terus melanjutkan kontribusi dan perjuangan menuju Kalimantan Barat yang lebih maju.

Hikmah Peristiwa Mandor dapat menjadi pesan universal di tingkat nasional maupun internasional bahwa perdamaian adalah jauh lebih baik daripada situasi konflik yang hampir pasti berujung pada ketidakadilan. Generasi muda perlu mengenang nilai-nilai perjuangan sebagai warisan tak ternilai, pada titik inilah Webinar PKM FEB Untan menunjukkan signifikansinya dan menjadi bagian upaya preservasi sejarah Peristiwa Mandor.

Webinar ini menghadirkan Keynote Speaker Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs.H.Ria Norsan, M.M., M.H. dengan judul keynote speech  Masa Depan Mandor dan Pengelolaannya. Narasumber kedua yaitu Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Landak, Yosef, S.E.  dengan judul paparan Potensi Mandor sebagai Tujuan Wisata dan pembicara ketiga yaitu Pimpinan Redaksi Teraju.id sekaligus pemerhati sejarah Mandor, H. Nur Iskandar, S.P., M.Si. dengan judul paparan Kalbar Turut Berdjoeang! Mandor Bersimbah Darah.

Hasil diskusi merekomendasikan upaya bersama untuk menjaga nilai sejarah Mandor, meningkatkan empati pada keluarga korban, menjadikan Peristiwa Mandor sebagai bahan pembelajaran baik melalui pendidikan formal maupun melalui wisata sejarah/edukasi sekaligus mengembangkan kawasan sekitar sehingga bernilai ekonomi.

(Rilis/ Agus)

Related Posts