Pemkab Kubu Raya bersinergi dengan Kadin Kalbar, Untan dan Guangxi University for Nationalities Kembangkan Potensi Kekayaan Lokal

sinergi pemkab kubu raya

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menjalin kerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalimantan Barat, Universitas Tanjungpura (Untan), serta Guangxi University for Nasionalities School Of Marine Science and Biotechnology.

Upaya jalinan kerjasama yang menyatukan antara pemerintah, komunitas ilmiah, serta industri ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi kekayaan lokal di Kabupaten Kubu Raya.

Menurut Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan , daerah yang disebut kaya adalah sebetulnya daerah yang justru memiliki pesisir, sungai, dan lahan subur yang luas.

Hal itupun dikatakannya tercermin pada wilayah Kabupaten Kubu Raya. Maka dari itu, kerjasama antara pemerintah, komunitas ilmiah, serta industri ini diharapkan bisa meningkatkan pengembangan inovasi atau produk yang dihasilkan.

“Daerah inikan pensuplai pangan, apalagi mensuplai daerah kota Pontianak juga, sehingga memang pasarnya juga sudah luas, kita juga berada di posisi dimana tentunya ini ingin ada transformasi untuk peningkatan kualitas produk,Jadi produk-produk seperti dari pertanian itu yang belum kita bisa maksimalkan, dapat kita maksimalkan,” ungkap Muda Mahendrawan saat audiensi kerjasama antar Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalimantan Barat, Universitas Tanjungpura, serta Guangxi University For Nasionalities School Of Marine Science and Biotechnology, pada Selasa (7/7/2020).

Muda menegaskan Pemerintah kubu raya tentunya ingin mengejar peluang-peluang ada di inovasi kekayaan lokal di Kubu Raya.

Sementara itu, Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak, Prof Dr H Garuda Wiko SH, MSI, FCBArb menyampaikan bahwa, dalam upaya mengembangkan inovasi, baik itu dalam bidang pertanian, perkebunan, kelautan maupun hasil budidaya lainnya, tentu harus dibutuhkan birokrasi antara peran pemerintah, komunitas ilmiah, serta industri.

Menurut dirinya juga, dengan adanya inovasi maka hal itu juga akan mendorong perekonomian masyarakat. Prof Dr H Garuda Wiko mengatakan, pihak Untan akan membantu dari segi riset dan referensi-referensi pengembangan.

“Kalau kita maksudkan ini untuk mendorong ekonomi maka memang kerjasama ini sangat-sangat relevan, mengapa? Karena dikampus sendiri juga mengembangkan inovasi,”

“Jadi inovasi itu yang akan mendorong perekonomian. Inovasi ini bisa dibidang pertanian, bisa dibidang kelautan dan sebagainya, tetapi kita membantu dengan inovasi-inovasi dengan riset dan referensi-referensi yang ada dan terbaru,” ujar Prof Dr H Garuda Wiko SH, MSI, FCBArb.

Related Posts