UNTAN Bekerjasama dengan Kemenparekpraf Lakukan Bimtek Desa Wisata di Desa Karimunting, Bengkayang

pemateri bimtek desa pariwisata Dr.M.Irfani Hendri HeriyadiSEMEPhD

Universitas Tanjungpura bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif R.I melakukan bimbingan teknis desa wisata pada hari sabtu tanggal 22 Agustus 2020. Bimtek yang dilaksanakan di Balai Desa Karimunting, Kabupaten Bengkayang ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat desa wisata tentang dasar-dasar pariwisata yang terdiri dari materi sadar wisata, CHSE (clean, healty,safety and enviroment), exploringpackaging dan presentation.

Narasumber dalam bimtek ini adalah dosen UNTAN yang terdiri dari Dr.M.Irfani Hendri, Heriyadi,SE,ME,PhD, Wahyu Laksana,SE,MS, M. Hanafi A.Syukur,SE,MM dan Hasanudin,SE,MM. Sedangkan peserta bimtek adalah Kepala Desa Karimunting, pengelola BUMDes, ketua dan anggota serta penggerak kelompok sadar wisata (pokdarwis) Mutiara Pesisir, pengelola wisata pantai kura-kura, pengelola wisata pantai samudera indah, pengelola wisata mimiland dan pengelola wisata pantai cemara.

Menurut Dr.M.Irfani Hendri, kegiatan bimtek ini merupakan tindak lanjut MOU antara UNTAN dengan Kemenparekpraf.R.I dalam program pengembangan desa wisata berbasis pendampingan melalui perguruan tinggi. Dimana, dalam kegiatan pendampingan desa wisata ini UNTAN telah mengirimkan proposal dengan judul “pengembangan dan pendampingan desa wisata di Desa Karimunting dalam mendukung wisata perbatasan di Kalimantan Barat”. Desa Karimunting ini sejak tahun 2018 merupakan desa yang telah menjadi lokasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dosen Jurusan FEB UNTAN yang diketuai Heriyadi,SE,ME,PhD. Sebelum dilakukan bimtek ini, para narasumber sudah mengikuti kegiatan training of trainers (TOT) bagi dosen pendampingan desa wisata pada bulan juli secara virtual. Selanjutnya, setelah kegiatan bimtek ini akan dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan mahasiswa UNTAN sebagai bagian dari implementasi merdeka belajar – kampus merdeka.

peserta bimtek desa pariwisata
Foto : Peserta Bimbingan Teknis Pendampingan Desa Pariwisata Regional IIA (Kalimantan Barat)

Bimtek yang digelar menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 selama pelaksanaan kegiatan. Panitia menyediakan fasilitas rapid test bagi seluruh personil yang terlibat pada saat sebelum acara dan dianjurkan mematuhi prosedur yang telah ditentukan.

Related Posts