Tim PKM Untan Prodi Matematika Adakan Pemasangan Instalasi dan Edukasi Pola Hidup New Normal

Tim PKM Untan Prodi Matematika Adakan Pemasangan Instalasi dan Edukasi Pola Hidup New Normal

Dosen Prodi Matematika mengadakan Pengabdian kepada Masyarakat dengan  membangun  instalasi fasilitas cuci tangan dan penyebaran leaflet serta pembagian masker berisi brosur terkait pola hidup New Normal di Kantor Kecamatan Pontianak Tenggara (7/8) dan Kantor Kelurahan Bangka Belitung Laut, Pontianak Tenggara pada (14/8).

“Awalnya kami ingin mengadakan pelatihan e-learning, namun rencana ini dibatalkan karena kondisi tidak memungkinkan. Meski tidak berhubungan dengan Matematika, tapi kita membantu meringankan pekerjaan Satgas Covid-19,” ungkap Dr. Nilam Kusumastuti selaku ketua PkM Prodi Matematika tahun 2020.

PKM merupakan salah satu pilar dari perguruan tinggi, yaitu tri dharma yang terdiri dari pendidikan, penelitian, dan PkM. PkM diadakan rutin setiap tahunnya oleh dosen-dosen di setiap prodi sesuai dengan keahliannya masing-masing dan dibantu oleh beberapa mahasiswa.

Pada tahun sebelumnya, diadakan kerjasama dengan MGMP Matematika di Pontianak untuk memberikan pelatihan software yang dibutuhkan oleh  para guru dalam menunjang kegiatan belajar-mengajar, seperti Maple dan Geogebra.

“Sebelumnya juga pernah diadakan penguatan perpustakaan di daerah Lemukutan dan di daerah Madrasah yang belum memiliki fasilitas memadai. Kita berikan penguatan terhadap buku, pelatihan katalog buku, dan lainnya,” terangnya.

Tim PKM Untan Prodi Matematika Adakan Pemasangan Instalasi dan Edukasi Pola Hidup New Normal 2

Proses kegiatan PKM ini sendiri dimulai sejak bulan Mei 2020, di mana para dosen mulai menyusun proposal dan menentukan mitra mana yang akan diajak kerjasama tahun ini. Setelah proposal tembus dan mendapat dana dari Universitas, maka dimulai pemasangan instalasi di daerah tujuan dan dilakukan penyebaran kuesioner untuk mengetahui sejauh mana kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dalam pola hidup new normal. Kuesioner akan diadakan kembali pada bulan September sebelum penyusunan laporan akhir.

“Melalui PKM ini, kami berharap semoga apa yang diberikan dapat bermanfaat untuk masyarakat dalam menjaga kesehatan. Semoga masyarakat tahu dan semakin paham bahwa penerapan penggunaan protokol kesehatan itu sangat penting, apalagi di saat pandemi ini,” pungkas Putri, salah satu mahasiswi yang ikut bergabung dalam kegiatan ini.

 

Related Posts