Tim PKM FH Untan Lakukan Penyuluhan Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan di Desa Rasau Jaya Umum

Tim PKM Fakultas Hukum Untan bersama Kepala Desa Rasau Jaya Umum dan Perwakilan Ibu Ibu Rumah Tangga Desa Rasau Jaya Umum

Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura yang terdiri atas Dr. Nafsiatun, S.H., M.Hum dan Priyo Saptomo, S.H., M.Hum selama 8 bulan melalui pendanaan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemenristek/BRIN Republik Indonesia telah melakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Kelompok Ibu-Ibu Rumah Tangga Peduli Lingkungan Desa Rasau Jaya Umum Untuk Mendukung Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan. Kegiatan ini berupa penyuluhan dan pelatihan yang terkait dengan lingkungan hidup. Interaksi antara Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura dengan mitra Kelompok Ibu-Ibu Rumah Tangga Desa Rasau Jaya Umum dilakukan secara daring dan luring dengan protokol kesehatan karena dalam masa pandemi Covid-19.

Dr. Nafsiatun SH.M.Hum memberikan penyuluhan lingkungan hidup dan pemanfaatan sampah organik untuk bahan baku kompos
Foto : Dr. Nafsiatun, SH.M.Hum memberikan penyuluhan lingkungan hidup dan pemanfaatan sampah organik untuk bahan baku kompos

Kegiatan penyuluhan yang dilakukan Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura meliputi informasi tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup, pencegahan kebakaran hutan dan lahan, peraturan perundang-undangan tentang lingkungan hidup, hutan dan lahan serta pelatihan pembuatan kompos dari sampah-sampah organik.

Priyo Saptomo SH. M.Hum memberikan penyuluhan lingkungan hidup khususnya tentang kebakaran hutan dan lahan
Foto : Priyo Saptomo SH. M.Hum memberikan penyuluhan lingkungan hidup khususnya tentang kebakaran hutan dan lahan

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Kepala Desa Rasau Jaya Umum Bapak Iwan Kurnia Putra dan antusiasme dari Kelompok Ibu-Ibu Rumah Tangga Desa Rasau Jaya Umum. Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura dan Pemerintah Desa Rasau Jaya Umum bertekad untuk melanjutkan kegiatan pemberdayaan masyarakat di tahun-tahun selanjutnya untuk menuju Desa Rasau Jaya Umum sebagai Desa Wisata Lingkungan.

 

Related Posts