Upaya Peningkatan Kepatuhan Minum Antibiotik pada Anak Usia SD Melalui Media Cerita Bergambar

Upaya Peningkatan Kepatuhan Minum Antibiotik Pada Anak Usia SD Melalui Media Cerita Bergambar 2

Ketidakpatuhan anak dalam minum obat merupakan masalah yang hampir diasakan setiap orang tua. Alasan utama anak menolak minum obat dikarenakan takut dan rasa obat yang dianggap pahit, selain itu orang khawatir apabila obat tidak dihabiskan maka penyakit tidak sembuh.

Resiko jika anak tidak patuh dalam menggunakan obat adalah penyembuhan lebih lama karena perbaikan klinis tidak terkontrol. Apabila antibiotik yang berada dalam program pengobatan tidak diminum sampai habis, maka bakteri penyebab infeksi dapat berkembang semakin kuat atau resisten berdampak pada infeksi pada anak tidak teratasi. Salah satu upaya meningkatkan kesadaran orang tua dan anak mengenai pentingnya kepatuhan minum obat adalah melalui pemberian edukasi kesehatan. Harapannya, terjadi peningkatan tingkat kesadaran, perilaku dan disiplin minum antibiotik hingga selesai (habis).

Pada pertengahan tahun 2020, empat dosen Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura yaitu Robiyanto, Eka Kartika Untari, M. Akib Yuswar, dan Arina Nurfianti dibantu oleh 2 orang mahasiswa yaitu Tara Eka Sundari dan Al Abi Isna menulis cerita bergambar berjudul “Aku patuh Minum Obat”.

Upaya Peningkatan Kepatuhan Minum Antibiotik Pada Anak Usia SD Melalui Media Cerita Bergambar 3

Penulisan cergam merupakan implementasi kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan pendekatan pemberian edukasi ditengah pandemic Covid-19.  Cergam ini ditujukan pada anak usia Sekolah Dasar memiliki bahan bacaan ringan berupa ilustrasi gambar kartun yang mudah dipahami, menghibur sekaligus alur cerita yang akrab dengan kehidupan sehari-hari. Cergam “ Aku Patuh Minum Obat” mengisahkan seorang anak bernama Bobi yang mengalami diare dan demam karena infeksi bakteri. Bobi diresepkan obat salah satunya antibiotik yang harus dihabiskan, sayangnya Bobi menolak meminum obat karena rasanya yang pahit. Ibu Bobi menghubungi Apoteker untuk mencari solusi agar Bobi mau meminum obat. Di akhir kisah Bobi sembuh dan kembali sekolah karena patuh meminum obat. Penulis berharap semoga cergam ini dapat membantu para orang tua dalam mengatur strategi dalam meningkatkan kepatuhan minum obat.

Upaya Peningkatan Kepatuhan Minum Antibiotik Pada Anak Usia SD Melalui Media Cerita Bergambar

Cergam ini telah didistribusikan ke beberapa lokasi Sekolah Dasar di wilayah Kota Pontianak yaitu SDIT Al-Mumtaz, SD MIN Bawamai, SD Muhammadiyah 2, SD Wisata Hasanah, Perpustakaan Kota dan Provinsi; dan akan berlanjut ke SD lainnya serta perpustakaan yang ada di Kota Pontianak. Tanggapan pihak sekolah maupun perpustakaan yang menerima donasi cergam adalah sangat senang dan berharap program pengabdian seperti ini berkelanjutan dengan tema edukasi lainnya, dengan demikian memberikan peluang baru bagi dosen untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode yang sesuai kebutuhan masyarakat.

Related Posts