Dosen FMIPA Berikan Pelatihan Model Pembelajaran Fisika dengan Memanfaatkan Low-Cost Physics Home Laboratory untuk Guru Fisika SMA/SMK di Kota Pontianak

Dosen FMIPA Berikan Pelatihan Model Pembelajaran Fisika dengan Memanfaatkan Low Cost Physics Home Laboratory untuk Guru Fisika SMASMK di Kota Pontianak

Jurusan Fisika Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam (FMIPA) universitas Tanjungpura Pontianak (Untan) mengadakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) tahun 2020, Sabtu (24/10/20).

PKM yang diadakan oleh jurusan Fisika program studi (prodi) Fisika dan prodi Geofisika ini bermitra dengan SMAIT AL- Mumtaz Pontianak dengan mengusung tema ” Untuk Masyarakat Kami Berkhidmat” dilaksanakan secara daring melalui via zoom meeting dan disiarkan langsung lewat akun Channel YouTube Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam ( FMIPA) Universitas Tanjungpura Pontianak (Untan). Dengan jumlah peserta yang hadir terdiri dari: 40 orang guru dan 260 siswa/siswi SMA dari Kalbar, Banten, Jatim, Sumsel, dan Kepulauan Riau.

Ketua pelaksana kegiatan Zulfian, S.Si.,M.si mengatakan bahwa kondisi pandemi bukanlah sebagai kendala, melainkan sebagai peluang untuk dapat berkarya dan berinovasi secara bersama, sehingga dapat menciptakan proses pembelajaran. Dengan adanya kegiatan PKM ini juga bertujuan untuk menunjang proses pembelajaran pada masa pandemi COVID-19. Ia juga menerangkan sistem pembelajaran yang akan disampaikan melalui kegiatan PKM ini yaitu dengan model “Low-Cost Physics Home Laboratory” dimana bentuk alternatif bagi  guru fisika SMA dalam mengadakan praktikum dimasa pandemi COVID-19.

Dosen FMIPA Berikan Pelatihan Model Pembelajaran Fisika dengan Memanfaatkan Low Cost Physics Home Laboratory untuk Guru Fisika SMASMK di Kota Pontianak 1

Kegiatan PKM ini mendapat sambutan baik dari Kepala Sekolah SMAIT Al-Mumtaz Pontianak, Zainuri, S.T, M.Pd. Ia mengucapkan terima kasih atas diselenggarakannya kegiatan PKM yang bermitra dengan sekolahnya.

” Tentu kami berharap program studi ataupun fakultas lainnya di universitas Tanjungpura nanti dapat ikut berkerja sama dengan kami di pendidikan menengah untuk memberikan informasi terbaru terkait pendidikan”, ungkap Zainuri, S.T, M.Pd.

Kepala Jurusan Fisika Fakultas MIPA, Nurhasanah, S.Si, M.Si memberi kata sambutan sekaligus pembuka pelaksanaan acara ini. Ia menuturkan dengan kegiatan PKM ini, diharapkan para dosen untuk mengabdi kepada masyarakat. Jadi dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dalam pendidikan dan penelitian. Sehingga menerapkannya kepada masyarakat maupun kepada mitra.

Kemudian disesi pertama disampaikan oleh Dr. Azrul Azwar, S.Si, M.Si , ketua prodi Fisika Fakultas MIPA universitas Tanjungpura. Beliau menjelaskan sistem Low-Cost Physics home laboratory sebagai solusi alternatif praktikum/eksperimen dimasa pandemi COVID-19.

” Kami hanya sekedar berbagi pengalaman di laboratorium fisika, saat ini terpaksa melaksanakan praktikum secara online kepada mahasiswa. Karena tidak hanya sekedar pembelajaran secara teoritis saja. Jadi kami mencoba untuk merancang kegiatan praktikum sekitarnya menjadi solusi pembelajaran dimasa sekarang ini.Namun tentu solusi ini bukanlah solusi 100% berhasil. Tentu ini masih pada tahap uji coba karena menghadapi pandemi tanpa persiapan. Banyak pertanyaan-pertanyaan, sehingga membuat kami membangun sistem, walaupun masih pada capaian minimun”,  jelas Dr.Azrul. Adapun ia menyebutkan tujuan dari materi ini yaitu dapat merancang eksperimen fisika dengan memanfaatkan perangkat, peralatan, dan bahan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Related Posts