GEMPA, UKM Pencinta Alam FISIP UNTAN

WhatsApp Image 2021 01 13 at 10.29.10

Gerakan Mahasiswa Pencinta Alam (GEMPA) yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura (FISIP UNTAN) merupakan salah satu UKM bergerak di bidang Pencinta Alam. Setiap tahun GEMPA memiliki kegiatan sesuai dengan workplan kepengurusan GEMPA.

Ketua GEMPA FISIP UNTAN Natalia Barage menjelaskan “awal mula GEMPA dibentuk itu berdasarkan ide dari beberapa mahasiswa di FISIP yang tertarik di bidang kepencintaalaman, lalu dibentuklah GEMPA sebagai lembaga yang resmi bergerak di bidang kepencintaalaman serta memiliki panduan berupa AD/ART yang telah disepakati bersama oleh para anggota. GEMPA sendiri sudah ada sejak tahun 1990 namun baru di resmikan pada 3 Oktober 1990.

“Jadi ditahun ini kegiatan di GEMPA yaitu ada perekrutan anggota yang bersifat wajib, perekrutan termasuk pradik dan diksar, ekspedisi wajib untuk anggota baru, ekspedisi bebas, program kerja setiap bidang/divisi, LKG (Lomba Kebut Gunung) dan MUSTA (Musyawarah Tahunan Anggota)”, ungkap Natalia Barage.

Natalia Barage mengungkap banyaknya anggota gempa terhitung dari nomor anggota yang aktif kini mencapai 227 anggota. Walaupun dengan anggota yang sedikit GEMPA tetap berusaha menanamkan rasa kekeluargaan, kebersamaan serta memperkuat karakter dari masing-masing anggota.

“Dalam tahap perekrutan, untuk menjadi anggota resmi GEMPA FISIP UNTAN harus memiliki beberapa syarat utama yaitu merupakan mahasiswa aktif FISIP UNTAN, bersedia mengikuti semua jenjang pendidikan selama menjadi calon anggota baru, serta beberapa syarat lainnya”, ucap Natalia Barage.

Sebagai Ketua GEMPA, Natalia Barage ingin kedepannya GEMPA akan mencetak generasi penerus berkarakter serta peduli lingkungan sesuai dengan citra sebagai mahasiswa Pencinta Alam. GEMPA juga akan terus mengibarkan Bendera Merah Putih serta Bendera GEMPA ke seluruh puncak-puncak tertinggi.

GEMPA telah melakukan berbagai capaian dan prestasi seperti melaksanakan ekspedisi 7 Puncak NKRI dengan mengibarkan Bendera Merah Putih bersama Bendera GEMPA 7 puncak NKRI. Capaian lainnya yaitu penyelenggaraan Lomba Kebut Gunung se-Kalimantan Barat yang mengikutsertakan Mapala serta Sispala seluruh Kalimantan Barat. 

Related Posts