Siap-Siap Mahasiswa FMIPA Untan, Orang Tua Bisa Pantau Tugas Akhir Anaknya

SIMTA

FMIPA Untan melakukan launching aplikasi Sistem informasi monitoring tugas akhir (SIMTA) dan aplikasi Tata Kelola Persuratan Melalui e- Office (TKP MeO)  yang digunakan untuk peningkatan layanan kepada mahasiswanya (14/1/2021).

Dua aplikasi ini dibuat untuk pelayanan yang lebih baik untuk mahasiswa FMIPA Untan. Melalui Aplikasi SIMTA, Memudahkan Fakultas, Jurusan, dan Dosen pembimbing TA untuk memonitor dan mengevaluasi progress tugas akhir, pada aplikasi tersebut, orang tua mahasiswa juga bisa memantau tugas akhir atau perkembangan skripsi anaknya.  sementara aplikasi TKP MeO memudahkan penataan surat menyurat dengan e-Office.launching simta

Pembuatan aplikasi SIMTA dilatarbelakangi oleh belum adanya pangkalan data tugas akhir di FMIPA Untan, selain itu banyaknya mahasiswa yang selesai mengerjakan tugas akhir lebih dari satu tahun membuat aplikasi ini diperlukan.

“ Sistem aplikasi ini awalnya basisnya masih website, pada tahun 2020 kita kembangkan lagi dengan konsep mobile apps dan aplikasi ini melibatkan orang tua juga yang bisa mendukung maupun monitoring anaknya karena kita tahu bahwa skripsi mahasiswa itu biasa orang tuanya tidak mengetahui perkembangannya, progresnya, bahkan kadang tidak tau apa penelitian yang sedang dikerjakan anak mereka””,  ucap Ketua Jurusan Prodi Rekayasa Komputer FMIPA Untan, Ikhwan Ruslianto, S. Kom., M.Cs.,.

Aplikasi SIMTA melibatkan peran serta orang tua mahasiswa yang ingin  tau perkembangan dan bisa memotivasi anaknya agar selesai dengan cepat. Prosedur penggunaan aplikasi SIMTA ini mahasiswa harus menyertakan nomor hp orang tua mereka, setelah itu admin jurusan memberikan sms atau chat WA link aplikasi dan akun yang bisa memantau tugas akhir anaknya baik informasi judul skripsi, proses seminar outline, seminar hasil , sidang sarjana bahkan yudisium, semua data-data  bisa lihat dan mengunduh oleh orang tua mahasiswa.

SIMTA fmipa

Sementara itu Dekan FMIPA Untan, Afghani Jayuska, S.Si, M.Si menyampaikan dibuatnya aplikasi ini untuk memberikan pelayanan terkait dengan monitoring tugas akhir mahasiswa. upaya-upaya peningkatan pelayanan melalui  aplikasi SIMTA untuk bisa memonitor baik itu pembimbingnya , begitu juga jurusan atau prodi dan orang tua dari mahasiswa tugas akhir, dengan adanya kontrol dari orang tua, jurusan, fakultas. Ia berharap ini  bisa mempercepat masa studi dan bisa mempercepat penyelesaian tugas akhir dari mahasiswa.

” Ini secara bertahap akan sampai kepada mahasiswa, kemudian disampaikan kepada orang tua mahasiswa, kemudian nanti akan mengadakan acara yang serupa baik berupa daring dan luring supaya aplikasi ini bisa tersosialisasikan dengan baik”, pungkas Afghani Jayuska.

Related Posts