Masyarakat Jabodetabek Masih Cari Hunian Murah di Awal Tahun 2021

Hunian Bernuansa Resort Jadi Salah Satu Preferensi Pencarian Hunian Idaman Milenial

Memasuki akhir triwulan I tahun 2021, sentimen pencarian properti yang dilakukan masyarakat menggunakan platform digital atau via daring diketahui meningkat dengan pesat.

Portal properti global, Lamudi.co.id, mencatat terdapat 3,6 juta pencarian segala macam properti yang dilakukan oleh masyarakat dalam laman-laman situs jual beli properti Lamudi.co.id. Adapun fokus area sendiri diketahui masih didominasi oleh pencarian sektor properti hunian di kawasan Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek).

Melanjutkan data pencarian hunian di Jabodetabek, Novriyadi, Head of Property Research Lamudi.co.id, menyebutkan tren pencarian properti yang dilakukan masyarakat via daring mayoritas masih mencari sektor hunian tapak atau dengan preferensi harga terjangkau. Seperti halnya 2-3 tahun lalu, adapun preferensi harga terjangkau yang dimaksud yakni rumah dijual di bawah 500 juta.

Novri menambahkan, selain ketersediaan proyek-proyek rumah baru, rumah subsidi pemerintah atau eksisting dengan harga murah yang masih banyak tersedia, ada sejumlah faktor lain yang menjadi trigger masyarakat untuk berani membeli tempat tinggal di awal tahun 2021. Beberapa diantaranya yakni munculnya berbagai kemudahan atau promo pembelian yang disediakan pihak developer hingga  insentif bebas PPN untuk pembelian rumah di bawah 2 milyar yang dikeluarkan oleh pemerintah di awal tahun.

Hunian di Koridor Tangerang Konsisten Diminati

Semakin merata penyebaran perumahan murah di kawasan Jabodetabek, membuat masyarakat semakin terakomodasi terkait pilihan area mana yang dikehendakinya. Sebut saja kawasan Tangerang yang konsisten diminati para pencari rumah murah dari tahun ke tahun.

Terlepas dari nama-nama besar kawasan perumahan yang telah eksisting, dalam dua tahun terakhir sejumlah proyek hunian tapak terjangkau kategori primer bermunculan untuk mengakomodasi pencari hunian tersebut. Uniknya, sejumlah perumahan baru tersebut menawarkan harga selayaknya hunian bersubsidi saat pertama diluncurkan. Yakni berada di kisaran harga di bawah 200 juta.

Beberapa nama seperti perumahan Modernland Cilejit di Jambe besutan developer PT Modernland Realty hingga Kota Sutera di Pasar Kemis besutan MASGROUP adalah contoh perumahan-perumahan terbaru yang populer sejak dua tahun belakangan.

 

Related Posts