Perpustakaan RI, Pemkab Sanggau, UNTAN dan POLNEP Teken MoU dalam Rangka Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Sanggau

mou perpus RI

Kegiatan Penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) Perpustakaan RI, Pemerintah Kabupaten Sanggau dan Perguruan Tinggi Negeri Universitas Tanjungpura (UNTAN) dan Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) dalam rangka Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat serta Pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Sanggau, Ny. Arita Apolina, S.Pd, M.Si digelar di Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau di Jalan Haji Agus Salim, Kelurahan Beringin, Sanggau, Pada Selasa (22/6/2021) .

Hadir dalam kegiatan tersebut, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Drs. Deni Kurniadi, M.Hum yang mengukuhkan Ny. Arita Apolina, S.Pd, M.Si sebagai bunda literasi Kabupaten Sanggau, Anggota Komisi X DPR RI, DR. Drs. Adrianus Asia Sidot, M.Si., Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, A. L. Leysandri, SH, Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Ir. Junaidi, M.Sc , unsur akademisi dan sejumlah pejabat penting lainnya.

mou perpus RI3
Foto : Bupati Sanggau, Paolus Hadi (kanan), Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Drs. Deni Kurniadi, M.Hum (Tengah) Bunda Literasi Kabupaten Sanggau, Ny. Arita Apolina, S.Pd, M.Si

Kepala Perpustakaan Nasional RI melalui Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Deni Kurniadi menyampaikan pesan sambutan Kepala Perpusnas RI bahwa literasi merupakan syarat penting dalam melahirkan SDM yang unggul dan mengingat kedalaman pengetahuan seseorang terhadap suatu subjek ilmu pengetahuan yang menjadi kunci utama untuk meningkatkan daya saing.

Literasi menjadi sangat penting dalam segala aspek, sehingga dalam konteks yang lebih luas literasi mengerucut pada perbendaharaan gagasan dan membantu seseorang untuk berpikir dan bertindak atas dasar konsep yang matang. Literasi memberikan satu cara pandang baru bahwa kita bisa menyelesaikan suatu persoalan dan akan membantu membentuk kesadaran kolektif serta bahu membahu menyelesaikan persoalan yang tengah dihadapi saat ini.

Mengenai rendahnya budaya baca terdampak pada rendahnya literasi masyarakat indonesia. Harus dipahami secara komprehensif dan tidak parsial. Sisi hilir yang menjadi imbas dari permasalahan di sisi hulu mengakibatkan kurang tersedianya bahan bacaan hingga pendistribusian bahan bacaan yang kurang tepat sasaran.

mou perpus RI2
Foto : Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Drs. Deni Kurniadi, M.Hum (kanan), Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNTAN, Ir, Junaidi, M.Sc (Kiri)

Bahan bacaan hanya tersentral dibeberapa kota besar dan tidak merata. Pertumbuhan literasi jelas mengalami perlambatan. Melihat fakta di lapangan, mau tidak mau, pemerintah daerah dan masyarakat, maupun stakeholder lainnya harus duduk bersama untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Rendahnya tingkat indeks literasi masyarakat Indonesia adalah fakta dan kenyataan. Yang tidak terbantahkan. Karena itu, persoalan literasi Indonesia bukan berbicara tentang rendahnya literasi masyarakat yang telah lama sebagai penghakiman bagi masyarakat Indonesia. Namun, peran negara, eksekutif, legislatif, yudikatif dan TNI–Polri. Termasuk peran akademisi dan perguruan tinggi dalam meningkatkan publikasi penelitian ilmiahnya.

Sementara itu, Bupati Sanggau, Paolus Hadi berharap banyak indeks literasi masyarakat khususnya di Kabupaten Sanggau akan semakin baik dengan dukungan semua pihak.

“Kami berharap banyak bahwa nantinya upaya peningkatan indeks literasi ini akan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Sanggau,” harapnya.

“Harapan kami, apa yang pernah dibuat oleh kita bersama, terimakasih kepada Perpustakaan Nasional telah membantu gedung Perpustakaan Kabupaten Sanggau,” ujarnya.

Perpustakaan Kabupaten Sanggau yang baru diresmikan ini menyediakan sedikitnya tiga ribu judul buku mulai dari ilmu pengetahuan umum, agama, hukum maupun pertanian.

Related Posts