Diseminasi Pengering Hibrid oleh Tim PHP2D UNTAN untuk Bantu Warga Desa Teluk Empening Meningkatkan Mutu Rempah dan Buah-buahan untuk Produk Kombucha dan Teh Herbal Celup

WhatsApp Image 2021 10 26 at 05.25.57

Kemendikbud melalui Universitas Tanjungpura melakukan Program Holistik Pemberdayaan dan Pembinaan Desa (PHP2D) untuk meningkatkan daya saing tanaman herbal dan buah-buahan di Teluk Empening Kabupaten, Kubu Raya menjadi Kombucha dan herbal kering.

Tim HIMIGIPA Prodi ITP UNTAN, diketuai oleh Sherlirianti dengan anggota sebanyak 13 orang yang dibimbing oleh Dr. Ir. Yohana Sutiknyawati Kusuma Dewi MP melakukan diseminasi teknologi pengering hibrid. Pengering ini diperlukan warga untuk menjamin mutu bahan rempah dan buah-buahan untuk pembuatan produk kombucha dan teh herbal celup.

Teluk Empening dikenal dengan produk unggulan jahe dan diprogramkan menjadi Kampung Biofarmaka oleh Pemerintah. Saat ini, rempah dan buah hanya dipanen dalam bentuk segar sehingga umur simpannya pendek dan nilai tambahnya rendah. Inovasi pengering dari Tim PHP2D diharapkan menjadi salah satu solusi stabilitas mutu.

Dalam sambutannya, pada saat  serah terima produk teknologi, Bapak Dedek Heri selaku staf kasi pemerintahan Desa Teluk Empening didampingi penyuluh Bapak Fiansyah, dan dosen perwakilan UNTAN menyampaikan harapan semoga masyarakat menjadi lebih terampil dan meningkat pengetahuannya serta dapat menginisiasi usahanya melalui PKK, KWT Silva Lestari bahkan BUMDES Desa Teluk Empening.

Related Posts