Pengabdian Kepada Masyarakat: Dosen Farmasi FK Untan Berikan Pelatihan Pembuatan Minuman Jahe Secang Instan kepada Masyarakat Desa Punggur Kecil

Pengabdian Kepada Masyarakat: Dosen Farmasi FK Untan Berikan Pelatihan Pembuatan Minuman Jahe Secang Instan kepada Masyarakat Desa Punggur Kecil

Jahe merupakan salah satu tanaman yang sangat familiar di masyarakat. Jahe sangat potensial untuk dikembangkan, karena jahe memiliki banyak khasiat bagi tubuh seperti antioksidan, antiradang, antimikroba, membantu meredakan batuk, dan membantu mengatasi gangguan pencernaan. Penggunaan jahe sebagai obat tradisional sudah sangat dikenal masyarakat dan sangat direkomendasikan untuk meningkatkan kerja sistem imun dimasa pandemi Covid-19.

Kayu secang sering diolah menjadi minuman wedang, selain untuk menghangatkan tubuh, wedang secang ternyata menyimpan berbagai khasiat. Zat warna merah pada kayu secang menandakan bahwa kayu secang mengandung brazilin senyawa yang bermanfaat sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas. Tidak hanya itu menurut beberapa penelitian kayu secang juga bermanfaat sebagai antibakteri, antivirus, antiradang, antitumor, dan lain-lain.

Besarnya manfaat dari tanaman jahe dan secang tersebut melatarbelakangi dilaksanakannya program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh tim dosen Farmasi Untan yang diketuai oleh ibu apt. Rise Desnita, M.Si dengan anggota tim yaitu ibu apt. Desy Siska Anastasia, M.Si. Kegiatan PKM ini juga dibantu oleh tim mahasiswa Farmasi yaitu Dian Afrilla, Saraswati, Nurbaiti, Maharesi, Sindarela, Lia Sartika dan Nur Atikah Aslamiyah.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan PKM ini adalah untuk meningkatkan pengetahun masyarakat Desa Punggur Kecil mengenai manfaat tanaman Jahe dan Secang serta melatih masyarakat dalam membuat produk Minuman Jahe Secang Instan. Luaran dari kegiatan PKM ini diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan ilmu yang diberikan untuk meningkatkan derajat kesehatan keluarga dan masyarakat dalam menggunakan obat tradisional serta sebagai peluang usaha jamu instan untuk ibu-ibu setempat.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 September 2021 di Rumah Pintar Punggur, Parit Tembakul, Desa Punggur Kecil, Kabupaten Kuburaya dengan memperhatikan protokuler. Masyarakat yang hadir dalam kegiatan PKM ini didominasi oleh ibu-ibu Desa Punggur Kecil dan beberapa orang remaja putri setempat.

Ketua Tim PKM Rise Desnita mengatakan, kegiatan PKM ini terdiri dari acara pembukaan, penyampaian materi dan demonstrasi cara pembuatan serbuk instan, tanya jawab, dan penyerahan sumbangan buku bacaan secara simbolis kepada mitra Rumah Pintar Punggur sebagai mitra PKM.

“Saat pelaksanaan kegiatan masyarakat terlihat sangat antusias mendengarkan penjelasan dan menyaksikan demonstrasi cara pembuatan produk minuman jamu instan dari jahe dan secang tersebut,” katanya.

Rise Desnita menjelaskan peserta kegiatan juga diberikan paket bahan baku pembuatan minuman instan jahe secang untuk dipraktekan di rumah.

“Pembuatan Produk Minuman Instan Jahe Secang ini memiliki beberapa keuntungan diantaranya adalah proses pembuatannya mudah, bahan yang digunakan mudah didapat dan murah, praktis untuk digunakan, memberikan khasiat yang baik bagi tubuh dan bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha.” jelasnya..

Selain itu, Pengurus Rumah Pintar punggur Dedi merasa senang atas kehadiran Tim PKM dari Prodi Farmasi Universitas Tanjungpura di Desa Punggur.

“Kami sangat senang sekali Tim PKM dari Prodi Farmasi Universitas Tanjungpura bisa hadir disini memberikan pengetahuan tentang cara pembuatan minuman instan yang bermanfaat untuk tubuh dan menyehatkan” ucapnya.

Pengabdian Kepada Masyarakat: Dosen Farmasi FK Untan Berikan Pelatihan Pembuatan  Minuman Jahe Secang Instan kepada Masyarakat Desa Punggur KecilPengabdian Kepada Masyarakat: Dosen Farmasi FK Untan Berikan Pelatihan Pembuatan  Minuman Jahe Secang Instan kepada Masyarakat Desa Punggur Kecil

Related Posts