Tim PTDM UNTAN dan Polnep Mengakselerasi Daya Saing Pinang Menjadi Kopi Pinang Herbal dalam Kemasan Celup di Desa Pematang Tujuh, Kubu Raya

SIMBOLIS PENYERAHAN ALAT DENGAN SEKDES PEMATANG TUJUH UNTUK PRODUKSI KOPI PINANG CELUP DAN HERBAL PINANG CELUP

Tim Program Diseminasi Teknologi ke Masyarakat (PDTM) UNTAN menyerahkan peralatan untuk produksi kopi pinang herbal dengan kemasan celup kepada Mitra PKK dan Gapoktan Nur Bakti Desa Pematang Tujuh Kubu Raya, Kamis (14/10/2021)

Tim diketuai oleh Dr. Ir. Yohana S. Kusuma Dewi, MP. dengan anggota Dr. FX Widadi Padmarsari, SSi. MSi. dari Universitas Tanjungpura dan Thomas Candra Wasis Agung S., S.Si., M.Si. melakukan pengabdian pada masyarakat di Desa Pematang Tujuh, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya.

Kegiatan ini didanai oleh Direktorat Pemanfaatan Riset dan Inovasi Pada Kementerian/Lembaga Masyarakat, Dan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Tahun anggaran 2021. Kegiatan selain diikuti mitra PKK dan gapoktan Nur Bakti juga diikuti oleh perangkat desa, dan karang taruna Desa Pematang Tujuh.

Desa ini dikenal di dengan produk unggulan pinang yang sampai saat ini hanya dipanen kemudian dikeringkan bersama sabutnya dengan sinar matahari, kemudian dikupas sabutnya untuk dilepaskan bijinya. Biji pinang dijual melalui tengkulak sehingga nilai ekonominya dan stabilitas mutunya rendah.

Solusi yang disepakati dengan mitra adalah diseminasi teknologi diversifikasi produk menjadi produk kopi pinang herbal dalam kemasan celup melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan.

Kegiatan pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan daya saing produk dan SDM disambut antusias oleh masyarakat dan berdampak pada peningkatan daya saing pianang yang berpotensi untuk menjadi produk unggulan Desa Pematang Tujuh.

Related Posts