Tim PKM Prodi Pendidikan Apoteker FK UNTAN Berikan Pelatihan Pembuatan Teh Antidiabetik dari Rambut Jagung dan Bunga Rosela di Desa Limbung

1

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Angkatan XV Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura yang diketuai oleh Dr. apt. Nurmainah, MM telah sukses melaksanakan sosialisasi dan demonstrasi mengenai diabetes melitus dan tata cara pembuatan teh rambut jagung dan rosela. Tujuan dilakukannya kegiatan PKM ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Desa Limbung Kabupaten Kubu Raya mengenai manfaat rambut jagung dan rosela, serta melatih masyarakat dalam membuat produk teh antidiabetik dari rambut jagung dan rosela tersebut.

Luaran dari kegiatan PKM ini diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan ilmu yang diberikan untuk meningkatkan derajat kesehatan keluarga dan masyarakat dalam menggunakan obat tradisional serta sebagai peluang usaha untuk ibu-ibu setempat. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 24 Oktober 2021 dan dihadiri oleh 30 Kader Posyandu Bahagia Bersama.

Kegiatan diawali dengan penyampaian materi oleh Dr. apt. Nurmainah, MM mengenai perencanaan atau pengaturan pola makan dari penderita diabetes melitus atau biasa disebut diabetisi. Peserta begitu antusias dalam memperhatikan dan mendengarkan materi yang disampaikan, sambil diselingi dengan beberapa peserta yang bertanya secara langsung. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan senam diabetes bersama kader posyandu dan demonstrasi mengenai pembuatan teh antidiabetik dari rambut jagung dan rosela.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Kader Posyandu Bahagia Bersama dan menjalin kerjasama mitra dengan PT. Pertamina Patra Niaga DPPU Supadio. Hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berdampak positif dan diterima dengan baik oleh para kader, sehingga dapat menambah ilmu dalam pemanfaatan rambut jagung dan rosela.

 

Related Posts