Pengabdian Kepada Masyarakat, Dosen dan Mahasiswa Farmasi FK UNTAN Berikan Pelatihan Pembuatan Jamu Gendong Kunir Asem sebagai Upaya Peningkatan Imunitas Tubuh

Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen dan Mahasiswa Farmasi FK UNTAN Berikan Pelatihan Pembuatan Jamu Gendong Kunir Asem sebagai Upaya Peningkatan Imunitas Tubuh 2

Tim Dosen dan Mahasiswa Farmasi Fakultas Kedokteran UNTAN
Mohamad Andrie, M.Sc., Apt., Wintari Taurina, M.Sc., Apt., Milentary Cristina Sidabutar, Naziella, Nurlaila Afrilia, Paskalis Trianus Kiko, Rini Budi Arsih, Sumaryani

Coronavirus Disease (COVID – 19) merupakan suatu penyakit ganguan pernapasan yang disebabkan oleh virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2 (SARS-CoV-2). Artikel WHO pada tanggal 22 Oktober 2021 tercatat terdapat 242,348,657  kasus manusia yang terpapar virus Covid-19 dengan 4,927,723 kasus kematian. Sedangkan di Negara Indonesia tercatat 4,238,594 kasus manusia terpapar Covid-19 dengan angka kematian mencapai 143,153 orang. Infeksi Covid-19 bisa dihindari dengan menerapkan protokol kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh. Kunir memiliki aktivitas sebagai imunomodulator, baik sebagai imunostimulan maupun sebagai imunosupresan. Salah satu senyawa aktif yang terkandung dalam kunir dan memiliki aktivitas sebagai imunostimulan adalah Aromatic turmerone.

Asam jawa mempunyai aktivitas antibakteri, antikapang, efek hipoglikemik, efek hipokolesterolemik, anti peradangan hipolipomik, dan aktivitas antioksidan. Jamu merupakan minuman tradisional yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

WhatsApp Image 2021 11 04 at 14.46.32

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat bagaimana manfaat dan pengolahan jamu kunir asem serta mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kunir/kunyit dan asam jawa serta empon-empon lain yang ada di Pontianak untuk dikonsumsi sebagai minuman kesehatan.

Kegiatan PKM dilaksanakan pada hari selasa, 2 November 2021 di RT 003 Kelurahan Bansir Darat Pontianak Tenggara, oleh Tim Dosen dan Mahasiswa dari Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura.

Terkait aturan mengenai social distancing, maka proses penyuluhan atau penyampaian informasi akan dilakukan dengan mendatangi rumah-rumah warga, memberikan brosur, memberikan penjelasan mengenai Covid-19 dan upaya pencegahan termasuk 6 langkah cuci tangan pakai sabun, memberikan penyuluhan mengenai khasiat kunyit, asam jawa, dan empon-empon lain, serta pemutaran video melalui Handphone atau mengirim video melalui media online tentang cara pembuatan Jamu Kunir Asem dengan tetap menjaga kebersihan dan menjaga jarak (physical distancing), serta pemberian sampel produk Jamu Kunir Asem untuk di konsumsi warga. Evaluasi kegiatan sesaat setelah kunjugan dilakukan dengan memberikan kuisioner. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa tema Edukasi dan Pemberian Jamu Gendong Kunir Asem sebagai Upaya Peningkatan Imunitas Tubuh terhadap Covid-19 di Kelurahan Bansir Darat Pontianak Tenggara Kota Pontianak yang kami angkat ternyata menarik bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan setelah penyuluhan, masyarakat menjadi paham manfaat dan cara membuat jamu kunir asem di rumah.

Evaluasi keesokan harinya setelah mengkonsumi jamu kunir asem masyarakat merasakan tubuhnya menjadi segar dan sehat, sehingga mayarakat kembali mengulang untuk membuat jamu tersebut dirumah untuk dikonsumsi secara rutin. Rata-rata nilai pelaksanaan PKM ini adalah 91,5%, artinya peserta merasakan sangat puas dengan kegiatan PKM ini.

Saran dari peserta terkait kegiatan penyuluhan ini adalah kegiatan penyuluhan seperti ini sebaiknya dilaksanakan lebih sering untuk menambah pengetahuan, informasi, dan kemampuan masyarakat dalam memelihara kesehatan sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Kalimantan Barat umumnya.

Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen dan Mahasiswa Farmasi FK UNTAN Berikan Pelatihan Pembuatan Jamu Gendong Kunir Asem sebagai Upaya Peningkatan Imunitas Tubuh 3

Related Posts