Dosen Keperawatan UNTAN Mengedukasi Pentingnya Makan Buah dan Sayur serta Makanan bergizi Seimbang di SDN 12 Entikong

Untan

Tim Dosen Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura (FK UNTAN) mengedukasi pentingnya makan buah dan sayur serta dilanjutkan praktik memilih makanan bergizi seimbang yang dilaksanakan di perbatasan Kalimantan Barat-Malaysia, di SDN 12 Entikong pada Jum’at (17/3). Tim dosen Jurusan Keperawatan FK Universitas Tanjungpura terdiri dari Ns. Ikbal Fradianto,M.Kep dan Ns. Ervina Lili Neri,M.Kep.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini menyasar anak sekolah dasar kelas Empat. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan edukasi mengenai makan buah dan sayur, mengingat pentingnya konsumsi buah dan sayur untuk Kesehatan, terlebih pada anak usia sekolah dalam menjaga kesehatannya. Kegiatan yang dilakukan berupa pemaparan materi, praktik memilih makan buah dan sayur dan dilanjutkan games menarik tentang makan buah dan sayur. Saat sesi pemaparan, para siswa antusias mendengarkan materi, karena pemaparan materi disandingkan dengan video animasi yang menarik karya kedua dosen tim PKM ini yaitu Ners. Ikbal dan Ners. Ervina. Praktik memilih makan buah dan sayur juga diikuti dengan semarak oleh siswa terlebih dilanjutkan dengan permainan yang sudah dibuat oleh tim PKM.

“ Untuk mencapai pola hidup sehat, diperlukan asupan yang bergizi. Buah dan sayur merupakan makanan yang memiliki banyak manfaat terutama untuk tubuh, namun sayangnya makan buah dan sayur masih dianggap tidak terlalu penting, sehingga program edukasi ini kami adakan untuk menyadarkan pentingnya konsumsi buah dan sayur setiap hari” tutur Ners. Ikbal sebagai ketua tim PKM.

Ners Ervina juga menambahkan “kami berharap kegiatan kami membawa manfaat bagi anak-anak diperbatasan Kalimantan barat, semoga anak-anak lebih semangat dan mau untuk makan buah dan sayur kedepannya”, ungkapnya.

Pengabdian kepada masyarakat oleh dosen Jurusan Keperawatan rutin diadakan, guna memberikan manfaat secara langsung dengan keilmuan keperawatan yang dimiliki oleh para dosen. Kegiatan ini juga diharapkan membawa dampak yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Kalimantan Barat.

Leave a Reply