IKIP PGRI Pontianak Gelar Pendampingan Implementasi Role Model Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru dan Siswa di Desa Mekar Sari

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Pontianak mewujudkan Tridarma perguruan Tinggi dengan program pendampingan Implementasi Role Model Pada Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru dan Siswa. Kegiatan ini menggandeng Madarasah Ibtidaiyah Swasta Raudhatul Ulum Desa Mekar Sari Kubu Raya sebagai mitra binaan. Pengabdian kepada Masyarakat ini di laksanakan dalam tiga tahapan yaitu pengenalan, implementasi, dan pendampingan terhadap guru Bahasa Inggris dan Peserta didik pada sekolah tersebut.

Puncak pelaksanaan program ini yaitu 19 Oktober 2023, dihadiri oleh TIM PKM Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, pihak sekolah yaitu guru Bahasa Inggris, Kepala Sekolah atau yang mewakili, para siswa dari kelas 4-6 dan yang berjumlah 54 siswa. “Pendampingan ini bertujuan untuk mengenalkan pentingnya belajar Bahasa inggris, meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris, dan memperkenalkan role model pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif sesuai dengan prinsip-prinsip English for young learners.” tutur Abdul Arif selaku ketua TIM PKM Prodi Pnedidikan Bahasa Inggris.

Hasil pengenalan ini menunjukkan adanya antusiasme dan apresisasi dari pihak sekolah baik guru atau siswa atas pelaksanaan PKM ini. Para siswa menjadi termotivasi dan mengerti akan pentingnya belajar Bahasa inggris sejak dini. Guru Bahasa inggris juga memberikan apresiasi bahwa pelaksanaan PKM ini meningkatkan dan menambah wawasan tentang teori-teori dan model-model pembelajaran yang efektif untuk anak usia dini secara teori. Pada tahapan implementasi model pembelajaran Bahasa inggris dimana para TIM dan guru Bahasa Inggris berkolaborasi memperaktikkan teori yang sudah dibahas pada tahapan sebelumnya kedalam pembelajaran di kelas. Diantara model yang dipraktekkan adalah pengajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan lagu, flashcards, dan Total Physical Response. Kegiatan ini sukses memberikan dampak yang positif baik terhadap guru Bahasa inggris maupun siswa. Guru Bahasa Inggris misalnya menuturkan bahwa dengan kegiatan praktik ini bisa mengembangkan keterampilannya dalam mengajar dengan mengimplementasikan teori kedalam praktik.

Leave a Reply