MBKM Asistensi Mengajar Prodi Fisika: Siswa SMA Negeri 2 Samalantan Berhasil Luncurkan Roket Air

Berita

Roket air bukan sekedar mainan, namun merupakan proyek sains yang menarik dan edukatif, terutama ketika diaplikasikan dalam pembelajaran fisika. Eksperimen ini tidak hanya menghubungkan prinsip-prinsip dasar fisika, seperti tekanan, gaya, dan hukum gerak, tetapi juga melibatkan kegiatan praktis yang mencakup desain, konstruksi, dan peluncuran roket air.

Praktik roket air yang menarik ini merupakan bagian dari proyek kegiatan Asistensi Mengajar Duta Sains Balek Kampong FMIPA Untan dalam rangka kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kegiatan MBKM ini diadakan di SMA Negeri 2 Samalantan yang melibatkan siswa-siswi kelas 11 MIPA. Acara ini berlangsung di depan halaman sekolah pada hari Selasa, 31 Oktober 2023. Kegiatan Duta Sains Balek Kampong dilaksanakan oleh mahasiswa Prodi Fisika atas nama Novita Yulinda dibawah bimbingan Dr. Azrul Azwar, M.Si.

Praktik roket air di SMA Negeri 2 Samalantan bertujuan tidak hanya membuat pembelajaran fisika menjadi lebih menyenangkan tetapi juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengalami aplikasi langsung dari konsep-konsep fisika dalam situasi dunia nyata. Kegiatan ini mengintegrasikan konsep fisika dengan pengalaman praktis yang melibatkan perancangan roket, pengukuran ketinggian penerbangan, dan analisis data.

Kegiatan ini melibatkan siswa-siswi kelas 11 MIPA SMA Negeri 2 Samalantan yang secara aktif terlibat dalam merancang, membangun, dan meluncurkan roket air mereka sendiri. Dengan bimbingan dari Asistensi Mengajar Duta Sains, mereka memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi prinsip-prinsip fisika secara langsung dan mengembangkan keterampilan desain dan rekayasa mereka.

Eksperimen seperti ini memberikan kontribusi positif pada pemahaman siswa tentang prinsip-prinsip fisika yang mendasari roket air. Selain itu, kegiatan ini membangun keterampilan kritis seperti kerja tim, problem-solving, dan analisis data, yang sangat berharga dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan rekayasa.

Acara Praktek Roket Air di SMA Negeri 2 Samalantan adalah contoh konkret bagaimana pembelajaran fisika dapat diintegrasikan dengan kegiatan praktis yang menarik, menciptakan pengalaman belajar yang mendalam dan berkesan bagi siswa.

Foto: Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Azrul Azwar, M.Si.dan Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Samalantan saat penyerahan mahasiswa ke sekolah.

Leave a Reply