Dukungan Kegiatan Sahabat Qur’an

Untan

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Rektor Universitas Tanjungpura, Prof. Dr.H.Thamrin Usman DEA saat meluncurkan ‘Sahabat Qur’an’ di masjid raya mujahidin, Minggu (13/3) pagi mengatakan pihaknya sudah menyusun langkah-langkah untuk memotivasi mahasiswa.

“Insya Allah dalam waktu dekat kita akan susun langkah-langkah program untuk memotivasi mereka,” katanya.

Selanjutnya, kata Thamrin adalah pembentukan unit kegiatan mahasiswa, karena Sahabat Quran menurutnya sangat penting, karena ini adalah bentuk kelembagaan, sehingga dengan demikian kita berharap didalamnya akan tersusun kegiatan-kegiatan yang memotivasi mereka.

“Karena ini bentuk kelembagaan maka nantinya akan ada kepengurusan, ada program, ada pendanaan, dan programnya sendiri tentu saja yang berkaitan dengan mensinergiskan kegiatan Sahabat Quran,” jelasnya.

Apalagi nanti, tambah Thamrin akan ada agenda rutin yaitu kompetisi tilawah, kompetisi hafidz, kaligrafi, debat tentang Islam dalam bahasa Inggris di tingkat mahasiswa nasional.

“Karena sudah launching Sahabat Quran, maka dalam satu dua hari ini pihaknya akan melembagakan, dengan demikian dari pihak rektorat Untan akan mengeluarkan keputusan yang berkaitan dengan unit kegiatan mahasiwa Sahabat Quran,” sebutnya.

Dijelaskannya, Sahabat Quran adalah bentuk dari upaya Untan untuk membentuk karakter mahasiswa, khususnya mahasiwa Islam.

“Karena kita ketahui tantangan dalam kehidupan sekarang ini, khususnya pemuda sangat memprihatinkan seperti narkoba berkeliaran, seks bebas terjadi tanpa batas,” katanya.

Hal ini, ucapnya adalah upaya untuk mengikis iman para kaum pemuda muslim yang semakin hari semakin gencar, sehingga sepertinya rakyat menjadi orang-orang yang meninggalkan budaya yang selama ini sejatinya bangsa Indonesia miliki. Seperti tata krama, kebudayaan yang tinggi.

Disebutkannya, apalagi dalam 30 tahun ke depan nantinya, generasi sekaranglah yang akan menjadi pemimpin-pemimpin yang akan membangun negara Indonesia.

“Kalau generasi itu tidak dibekali oleh akhlak yang mulia, karakter yang bagus, budaya yang Islami, maka mau jadi apa negeri kita ini di masa yang akan datang, kita tidak boleh mewariskan generasi yang lemah, namun harus mewariskan generasi yang kuat, bukan hanya kuat sains saja, namun juga kuat karakter ilmu agamanya,” tegasnya.

Untuk membentuk karakter Islam yang kuat, dirinya bersama Rektor yang ada di Indonesia selalu berlomba-lomba untuk membentuk wadah dalam membentuk karakter mahasiswa yang islami.

Thamrin juga telah menyampaikan ke para rektor di Indonesia melalui What’s App tentang peluncuran Sahabat Qur’an ini, dan di balas para rektor dengan ucapan selamat dan mendoakan Untan menjadi kampus yang kuat di Indonesia.

“Ini suatu respon dan apresiasi yang luar biasa,” ucapnya bangga.

(Faisal/Dede)

Leave a Reply